Kustomisasi Mouse/ Tetikus di Linux dengan Piper

Produsen mouse atau tetikus saat ini berlomba-lomba meningkatkan daya tarik dari produk tetikus atau mouse yg mereka pasarkan. Mulai dari kategori yang berada di tingkatan paling bawah sampai ke kelas profesional dengan bentuk yang lebih kasual bisa mendapat dukungan perangkat lunak untuk menambahkan fungsi ekstra pada perangkat tersebut. Telebih lagi untuk perangkat tetikus yang didedikasikan khusus untuk keperluan bermain game walaupun tidak semua yang membelinya adalah seorang yang hobi bermain game. Tapi ada yang mengganjal, karena begitu kita menggunakan perangkat yang memiliki fitur tambahan tersebut ternyata bisa dibilang tidak begitu berguna jika menggunakan linux dikarenakan produsen tersebut biasanya hanya membuat perangkat lunak khusus Windows saja atau mungkin Mac OS.

Berterima kasihlah karena saat ini sudah tersedia aplikasi yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Diantara aplikasi yang dapat teman-teman gunakan saat ini adalah Piper yang diunduh pada Software Center distro yang kalian gunakan saat ini.

Penulis sudah mencoba aplikasi yang disediakan oleh Logitech untuk kustomisasi tetikus cukup lama dan ternyata setelah mencoba aplikasi ini fitur yang disediakan secara umum cukup mirip dengan yang ada di Windows & Mac. Disini kita bisa memilih profil yang ingin ditanam, kebetulan tetikus yang penulis gunakan memiliki penyimpanan yang tertanam di tetikus untuk menyimpan pengaturan yang sudah dipersonalisasi.

Kemudian ada 3 label menu utama yaitu tentang pengaturan Resolusi, kustomisasi tombol dan yang terakhir adalah tentang kustomisasi lampu RGB yang tersedia.

Untuk prosesnya kurang lebih sama jika teman-teman pernah menggunakan perangkat lunak Logitech G Hub. Klik salah satu ikon gerigi yang ingin diubah fungsinya maka setelah tampil dialog seperti di bawah ini, teman-teman bisa mengganti sesuai dengan keingnan.

Selain itu ternyata juga tersedia kustomisasi untuk lampur RGB yang ada di tetikus. Oh ya, tetikus yang saat ini digunakan dalam uji coba adalah Logitech G502 Hero versi dengan kabel. Setelah dicoba-coba ternyata berfungsi, kita dapat mengubah pola pengulangan dari efek RGB yang tersedia.

Pastikan setelah memiliih pengaturan baru atau telah melakukan kustomisasi, teman-teman tekan tombol apply pada dialog dan tombol apply pada pojok kanan atas. Jika ada perubahan yang dilakukan tombol tersebut akan berubah menjadi warna hijau.

Sebagai aplikasi yang berbasis open source menurut penulis ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan mendasar dari tetikus. Karena sebenarnya jarang sekali mengganti-ganti pengaturan dari perangkat seperti ini. Pengaturan yang ada jika dibanding perangkat lunak yang disediakan Logitech tentu masih jauh tapi dengan adanya aplikasi seperti ini bisa menjadi solusi nyata bagi pengguna linux yang sebenarnya tidak semua merupakan kelas bawah. Harapannya aplikasi ini dapat dikembangkan terus menerus sehingga dapat meningkatkan produktifitas penggunanya.

The following two tabs change content below.
UI UX Designer, Mentor Desain & Pemilik dari platform kursus daring yang mengutamakan aplikasi FLOSS dalam pembelajarannya dengan nama Babaibnu Academy

Babaibnu

UI UX Designer, Mentor Desain & Pemilik dari platform kursus daring yang mengutamakan aplikasi FLOSS dalam pembelajarannya dengan nama Babaibnu Academy

One thought on “Kustomisasi Mouse/ Tetikus di Linux dengan Piper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *