Git adalah sistem pengendali versi perangkat lunak yang dapat mencatat seluruh sejarah (history) perubahan selama proses pengembangan perangkat lunak dilakukan. Artinya, dengan kemampuan yang disediakan oleh Git, seorang pengembang  (selanjutnya akan disebut developer) tidak hanya bisa melihat perubahan apa saja yang telah ia lakukan akan tetapi kemampuan Git tersebut juga memberikan akses kepada developer untuk langsung melihat pada bagian mana dan di baris mana perubahan kode program atau tulisan telah dirubah. Pada awalnya Git didesain dan dikembangkan pada tahun 2005 oleh Linus Torvalds untuk melakukan pengembangan kernel linux (Git- Wiki).

Github merupakan contoh dari penerapan Git yang saat ini populer digunakan oleh para developer perangkat lunak. Selanjutnya untuk menghemat penulisan silahkan merujuk ke Github-Wiki untuk mengetahui apa itu Github.

Untuk dapat menggunakan Git pada distro BlankOn terlebih dahulu lakukan instalasi Git melalui terminal (perangkat harus terhubung ke internet):

  • sudo apt-get install git

Setelah proses instalasi berhasil, pastikan bahwa Git telah terpasang dengan melihat versi Git, melalui terminal lakukan perintah:

  • git version

Maka apabila Git telah terpasang dengan baik akan ditampilkan versi dari Git yang digunakan. Sampai disini kita telah berhasil melakukan integrasi Git ke dalam distro BlankOn yang kita gunakan. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana mengintegrasikan git dengan github yang akan dijelaskan di topik berikutnya.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *