Linux tak hanya cocok bagi mereka yang suka ngoding atau satpam server. Untuk keperluan sehari-hari pun sudah mumpuni, termasuk untuk kegiatan belajar mengajar. Salah satunya belajar matematika.

Nah, salah satu aplikasi matematika yang menarik adalah GeoGebra. Ini merupakan aplikasi untuk belajar geometri dan juga aljabar. Bagi saya, aplikasi ini sangat membantu, misalnya ketika harus membayangkan bagaimana bentuk lingkaran ketika dilewati sebuah garis lurus. Atau membayangkan bentuk balok yang dipotong oleh sebuah bidang datar yang melewati tiga buah titik.

Karena itulah, sudah beberapa tahun terakhir saya menggunakan geogebra untuk belajar matematika, termasuk ketika mengajar materi Geometri, fungsi, dan juga kalkulus :D.

Seperti aplikasi open source pada umumnya, geoGebra tak hanya bisa diinstal di Linux saja, karena aplikasi ini pun bisa diinstal di Windows maupun Mac.

Untuk memasang GeoGebra di BlankOn, seperti biasa, gunakanlah perintah mejik: sudo apt-get install geogebra, dan biarkan blankon yang bekerja memasangnya untuk Anda. Untuk yang baru pasang BlankOn, berkas yang bakal diunduh untuk memasang geoGebra adalah sekitar 30 MB.

Berikut adalah tampilan awal GeoGebra ketika dijalankan. Bagi yang pernah belajar geometri menggunakan Cabri, mungkin agak familiar ya dengan tampilannya.

g1

Sekarang, mari kita sedikit ulik aplikasi ini.

Misalkan kita ingin menggambar sebuah lingkaran. Ada beberapa cara untuk menggambar lingkaran Yang paling mudah, kita tentukan titik pusatnya, lalu tentukan berapa jari-jarinya.

g2

Bisa dilihat, di bagian grafik, terlukis lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan jari-jari 1 satuan. Sementara di menu Algebra, merupakan objek lingkaran itu, yakni titik pusat A(0,0), titik B (1,0) yang ada pada lingkaran, dan c yang merupakan persamaan lingkaran tersebut.

g3

Untuk mempercantik tampilan, misalnya mengganti warna garisnya, bisa dengan mengeklik kanan pada objek gambar. Nanti muncul menu berikut.

g4

Sekarang, mari kita coba melukis sebuah lingkaran dengan menggunakan persamaan yang paling mudah, yakni bentuk (x-m)^2 + (y-n)^ = r^2. Misalnya kita ingin menggambar lingkaran dengan titik pusat di P(0,0) dan jari-jari 1 satuan. Maka di bagian input, tinggal tuliskan:

x^2 + y^2 = 1

dan, voila! sebuah lingkaran sudah terlukis.

Untuk lebih memahami persamaan lingkaran di atas, kita gunakan bantuan slider. Buat dua buah slider, misalnya slider a dan slider b. Tentukan jangkauan slidernya, misal dari 0 sampai 10.

g5

Setelah itu, di bagian input ketik:

(x-a)^2 + (y-b)^2 = 1

Setelah itu, gerakan slidernya, maka lingkaran akan bergerak sesuai nilai a dan b.

g6

Nah itu merupakan salah satu contoh penggunaan GeoGebra untuk geometri 2 dimensi. Lalu bagaimana kalau kita ingin belajar geometri 3 dimensi? Sabar ya, kita akan bahas di tulisan selanjutnya πŸ™‚

The following two tabs change content below.
Jurnalis kemarin malam. Pengajar kurang ajar. Pengguna Linux level pra-newbie.

4 thoughts on “Belajar Geometri dengan GeoGebra di Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *