Paradigma pemanfaatan dan komunikasi di internet yang semula statis dan searah, berubah menjadi dinamis dan mengumpan balik. Perkembangan internet yang demikian pesat, mendorong banyak orang untuk berkecimpung di dalamnya. Tidak hanya untuk membuat sebuah laman page, berbagai macam aplikasi berbasis web pun mulai bermunculan. Pengembangan sebuah laman maupun aplikasi web memerlukan beragam aplikasi web developer antara lain: peralatan pemrograman, peralatan database, dan “lingkungan virtual” web. Dalam artikel sebelumnya yaitu panduan pemasangan Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin (artikel oleh pak Agus Purnomo) telah dijelaskan bagaimana menyeting lingkungan untuk pemrograman web via repositori software (Synaptic). Pada panduan kali ini, kita akan mencoba alternatif lain dalam membangun lingkungan pengembangan web.

Perkenalkan Xampp, sebuah paket aplikasi dari komunitas Apache Friends. Xampp mencoba menghadirkan sebuah solusi lingkungan pengembangan web yang gampang dipasang dan digunakan. Xampp menyajikan beberapa peralatan penting dalam pengembangan aplikasi berbasis web, diantaranya : webserver Apache, bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan lain-lain. Banyak dari pengguna Windows yang sudah familier dengan aplikasi Xampp ini. Setidaknya terdapat empat alasan untuk menggunakan Xampp, yaitu: terdapat paket pengembangan PHP (bahasa pemrograman web) yang populer, dapat dipasang di berbagai sistem operasi (multi platform), mudah dipasang dan digunakan, tersedia secara free (gratis). Anda dapat mengunduh dan melihat informasi seputar Xampp di https://www.apachefriends.org/index.html .

xampp1

Instalasi Xampp

> Sebelum melakukan pemasangan terlebih dahulu anda harus mendownload paket instalasi Xammp. Pilih installer yang tersedia di laman web Xampp, dalam hal ini kita memilih installer linux karena kita akan memasangnya di destop BlankOn. Saat tulisan ini dibuat Xampp yang diunduh adalah versi 5.6.3.

> Setelah selesai diunduh, bukalah aplikasi terminal lalu pergilah ke folder tempat menyimpan file unduhan Xampp. Dalam kasus saya, ketik cd ~/Downloads

> Jalankan installer Xampp dengan mengetik sudo ./xampp-linux-5.6.3-0-installer.run. Setelah itu anda akan harus memasukkan password sistem administrator, lalu tekan enter.

> Bila berhasil, akan muncul jendela instalasi Xampp, dari sini anda tinggal mengikuti petunjuk pemasangannya.

Secara umum anda tidak perlu mengubah opsi atau parameter apapun pada saat proses instalasi. Anda cukup menekan tombol next hingga proses instalasi selesai.

> Setelah proses instalasi selesai, Xampp akan membuka jendela pengaturan dengan antarmuka grafis.

xampp2

Menjalankan Xampp

# Dengan antaramuka grafis

Setelah melakukan instalasi, anda dapat menuju tampilan pengaturan antarmuka grafis. Pada menu tabulasi Welcome anda dapat melihat tampilan pembukaan dari Xampp dan beberapa tombol di bagian kanan bawah.

> Tekan tombol Go To Applications untuk menjalankan serangkaian tool di Xampp (server web, bahasa pemrograman, dan database), lalu anda akan dibawa ke homepage dari localhost.

> Tekan tombol Open Application Folder untuk membuka folder tempat pemasangan Xampp di dalam komputer.

> Dua tombol lain yaitu Visit Apache Friends dan Get Started akan membawa anda ke laman internet dari Apache Friends dan Bitnami.

Apabila anda ingin pengaturan aktifasi dari fitur agar dijalankan secara terpisah, anda tinggal berpindah ke menu tabulasi Manage Servers. Pada bagian kanan jendela terdapat serangkaian tombol untuk menjalankan dan mematikan fitur secara terpisah. Klik pada fitur yang dimaksub lalu tekan tombol Start untuk mengaktifkan dan Stop untuk menonaktifkan

Sementara itu di bagian bawah terdapat serangkaian tombol untuk pengaturan aktifasi secara bersamaan.

Menu tabulasi Application log digunakan untuk memuat berbagai kegiatan dan status dari tiap fitur.

Apabila anda ingin membuka kembali jendela pengaturan antarmuka grafis setelah jendela ditutup, anda dapat memanggilnya lewat aplikasi terminal

> ketik cd /opt/lampp

> lalu ketik sudo ./linux-manager.run

xampp3

# Dengan antamuka command line

Menjalankan Xammp pada command line sangatlah mudah. Anda tinggal membuka aplikasi terminal, dan mengetikkan sintak dengan modus root (sudo)

> Ketik sudo /opt/lampp/lampp start untuk menjalankan Xampp

> Ketik sudo /opt/lampp/lampp stop untuk menghentikan Xampp

> Ketik sudo /opt/lampp/lampp restart untuk menjalankan ulang Xampp

sementara itu untuk menjalankan dan menghentikan sebagian dari ftur Xampp anda tinggal menambahkan nama fiturnya setelah nama parameter tanpa ada spasi.

> Misalnya kita ingin menjalankan Apache saja maka kita bisa ketikkan

sudo /opt/lampp/lampp startapache , dan untuk menghentikannya kita bisa ketikkan sudo /opt/lampp/lampp stopapache .

xampp4

Pemasangan aplikasi web dan keamanan Xampp

Di dalam folder instalasi Xampp terdapat beragam folder dan file yang dapat digunakan untuk pengaturan laman atau aplikasi web. Folder instalasi tersebut terletak di direktori atau folder /opt . Berikut adalah beberapa penjelasannya

> Folder htdocs digunakan untuk memasang semua file yang berkaitan dengan laman atau aplikasi web. Sebagai contoh biasanya kita memasang beragam aplikasi web semisal CMS (WordPress, Joomla, Moodle, MediaWiki, dll) di dalam folder ini. Secara default isi dari folder inilah yang nantinya akan dipanggil waktu kita mengetikkan alamat localhost di aplikasi peramban (browser).

> Folder bin merupakan tempat Xampp menyimpan file-file fungsional atau fitur dari Xampp

> File /opt/lampp/etc.httpd.conf digunakan untuk pengaturan web server Apache

> File lampp untuk menjalankan Xampp via terminal

> File uninstall untuk menghapus Xampp

> File linux-manager.run untuk membuka jendela pengaturan Xampp dengan antar muka grafis.

> dan beragam folder dan file lainnya

Secara default, Xampp dibuat untuk keperluan pengembangan dan belajar web, sehingga banyak dari fitur-fitur di dalamnya yang tidak ber-password.

Namun anda masih dapat mengatur keamanan dari fitur-fitur di dalam Xampp.

> Buka aplikasi terminal lalu ketikkan sudo /opt/lampp/lampp security

maka anda akan diberi beberapa pertanyaan terkait setting keamanan dan password dari berbagai fitur di Xampp.

Sebagai saran, gunakan pasword yang unik namun mudah diingat, atau catatlah setiap pasword yang anda berikan lalu simpan ditempat yang aman.

xampp5

Menghapus Xampp

Mungkin suatu ketika anda ingin mengubah versi Xampp anda, atau ingin memasang tool-tool pengembangan web tetapi melalui repositori software, atau karena satu dan lain hal anda ingin menghapus Xampp. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi terminal.

> Pertama kita backup dulu data aplikasi atau laman web yang telah kita buat menggunakan Xampp. Ketik sudo cp -fr /opt/lampp/htdocs/* ~/folder_untuk_backup

> Berikutnya matikan seluruh proses atau fitur dari Xampp, ketik sudo /opt/lampp/lampp stop

> Pergi ke folder pemasangan Xampp dengan mengetik cd /opt/lampp

> Jalankan perintah penghapusan dengan mengetik sudo ./uninstall , lalu ikuti instruksi yang muncul di jendela penghapusan.

xampp6

Sekian panduan pemasangan Xampp, terimakasih sudah mampir dan semoga bermanfaat 😀

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

One thought on “XAMPP-solusi praktis belajar web-

  1. Maaf Bang saya Install Xampp Kok Ngga Bisa Ya tulisannya Selalu “Command Not Found” sama inikan yang saya pakai live cd pas saya mau coba install kok error ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *