Bermain dan Belajar dengan GCompris #15

> Aktifitas Membaca → mengajak anak untuk mengenal huruf dan kata serta membaca

Membaca merupakan “jendela” bagi manusia untuk memperoleh berbagai pengetahuan. Semakin cepat anak belajar membaca, maka semakin cepat pula ia memperoleh berbagai pengetahuan. Selain itu, membaca juga merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang akademik(sekolah). Kegiatan Aktivitas Membaca juga dapat memacu kecerdasan linguistik anak, karena anak diajak untuk mengenal serta mengucapkan beragam kata, untuk kemudian dapat dikembangkan menjadi kalimat-kalimat buatannya sendiri.

Pada Tema Aktifitas Membaca terdapat sembilan macam permainan yang berhubungan dengan huruf dan kata. Beberapa permainan memiliki fasilitas audio (tombol bergambar bibir) yang dapat digunakan oleh anak dengan tipe belajar auditori dan anak berkebutuhan khusus (tuna netra). Walaupun permainan tersebut dapat dimainkan oleh anak secara mandiri, tetapi saya menyarankan agar orang tua atau pendidik tetap mendampingi anak, terutama bila mereka baru belajar membaca, menemui kesulitan, atau ingin melakukan pengembangan belajar linguistik anak. Berikut adalah penjelasan dari kegiatan permainan Aktivitas Membaca.

gcompris102

@ Click on lowercase letter

Click on lowercase letter mengenalkan anak pada huruf alfabet dengan penulisan kecil (lowercase). Pada permainan ini anak diharuskan untuk memilih (klik) pada huruf yang telah diucapkan oleh instruksi audio. Gunakan tombol Bibir(sebelah tombol Rumah) untuk mengulangi instruksinya audionya.

gcompris103

@ Click on uppercase letter

Click on uppercase letter mengenalkan anak pada huruf alfabet dengan penulisan Besar (uppercase). Sama dengan permainan sebelumnya, anak diharuskan untuk memilih (klik) pada huruf yang telah diucapkan oleh instruksi audio. Gunakan tombol Bibir(sebelah tombol Rumah) untuk mengulangi instruksinya audionya.

gcompris104

@ Wordnumber memory game

Serupa dengan permainan mencocokkan kartu. Di sini anak diharuskan mengingat posisi serta mencocokkan kartu angka dengan kartu penulisannya. Kendati permainan ini menggunakan bahasa Inggris, namun kita masih bisa memanfaatkannya sekaligus mengajarkan kosakata angka dalam bahasa Inggris.

gcompris105

@ Berlatih membaca mendatar

Permaian ini akan mengajak anak untuk membaca secara mendatar sambil mengingat kosakata yang telah muncul. Pada bagian kanan atas terdapat instruksi pertanyaan yang harus dijawab oleh pemain. Tekan tombol “saya siap” untuk memulai permainan, maka akan muncul satu persatu kata dari arah kiri ke kanan. Setelah rangkaian kata muncul semua, akan muncul tombol pilihan jawaban ”Ya, tadi muncul” dan “Tidak, tadi tidak muncul”. Pilih jawaban dengan mengklik pada salah satu tombol jawaban yang tersedia.

gcompris106

@ Berlatih membaca tegak

Beberapa bahasa seperti cina dan jepang menggunakan penulisan secara tegak (horisontal). Kita dapat melatih anak untuk membaca secara tegak dengan permainan ini. Serupa dengan permainan Berlatih membaca mendatar, pemain akan disuguhi serangkaian kata yang kali ini akan muncul secara tegak. Pilih jawaban dengan mengklik pada salah satu tombol jawaban yang tersedia.

gcompris107

@ Melengkapi kata

Permainan yang satu ini sungguh mengasyikkan, kita diharuskan melengkapi huruf yang hilang pada kata yang menjadi nama dari objek dalam gambar. Pemain tinggal memilih salah satu tombol huruf di sebelah kiri sesuai dengan jawaban yang tepat. Seiring dengan meningkatnya permainan, pemain akan menjumpai banyak tombol pilihan jawaban dan menemui kosakata berbahasa Inggris.

gcompris108

@ Latihan membaca

Permaian Latihan membaca akan mengajak anak untuk berlatih membaca dengan mencocokkan nama benda dalam gambar. Pemain hanya tinggal mengklik tombol pilihan jawaban pada bagian sebelah kiri layar. Orang tua dapat membimbing anak untuk mengeja kata-kata tersebut. SEmakin tinggi level permainan maka semakin banyak pula tombol pilihan jawabannya.

gcompris109

@ Nama gambar

Permainan ini mengajak anak untuk mencocokkan antara gambar pada sisi sebelah kiri dengan titik-titik yang sesuai dengan nama benda tersebut. Pemain tinggal melakukan seret dan jatuhkan (drag and drop) pada tetikus untuk menggerakkan masing-masing gambar benda.

gcompris110

@ The classic hangman game

Siapa yang tidak mengenal permaian kata Hangman? Disini pemain harus menebak suatu kata di bagian atas layar, dengan memilih huruf-huruf penyusunnya. Klik pada tombol alfabet di bagian atas untuk menerka huruf-huruf penyusun kata tersubut. Di bawah kotak kata terdapat indikator jumlah dan sisa kesempatan untuk menebak. Jangan sampai kita kehabisan kesempatan untuk menebak. Semakin tinggi level permaina maka semakin sedikit kesempatan untuk menebak.

gcompris111

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

2 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *