Catatan Kaki dan Catatan Akhir pada LibreOffice Writer

Untuk menambahkan catatan kaki/footnote pada dokumen LibreOffice Writer, kita dapat menggunakan menu Insert > Footnote and Endnote > Footnote atau dengan menekan shortcut keyboard Alt + i > t > f. Secara default, footnote menggunakan penomoran otomatis (1, 2, 3, …). Nomor biasanya dan meletakkan catatan kaki pada bagian bawah halaman.

Untuk menambahkan catatan akhir/endnote pada dokumen LibreOffice Writer, kita dapat menggunakan menu Insert > Footnote and Endnote > Endnote atau dengan menekan shortcut keyboard Alt + i > t > e. Secara default, endnote menggunakan penomoran otomatis (i, ii, iii …) dan meletakkan catatan akhir pada bagian bawah halaman baru setelah halaman terakhir.

Untuk menambahkan catatan akhir atau catatan akhir dengan pengaturan lebih lanjut, kita dapat menggunakan menu Insert > Footnote and Endnote > Footnote ot Endnote… atau dengan menekan shortcut keyboard Alt + i > t > o.

Untuk menyunting catatan kaki dan catatan akhir, kita dapat menge-klik dua kali pada nomor/kode catatan kaki/catatan akhir.

Catatan:

Catatan kaki / footnote berbeda dengan kaki / footer

Semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.
Pelayan pelajar di MTs Irsyaduth Thullab masih belajar menulis, salah satunya di kebokata.blogspot.com

2 thoughts on “Catatan Kaki dan Catatan Akhir pada LibreOffice Writer

  1. Assalamualaikum, mau nanya mas, kalo mau buat garis di footnote bagaimana ya?
    biasanya di atas footnote kan ada garis (kurang lebih 3 cm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *