Terima kasih kepada Combine dan seluruh panitia Jagongan Media Rakyat (JMR) yang telah memberikan BlankOn kesempatan untuk ikut berpartisipasi di acara yang sungguh luar bisa selama tiga hari kemarin (8–10 Maret 2018). BlankOn mendapat kesempatan untuk berbagi kepada masyarakat tentang cara berkontribusi ke proyek-proyek open source (khususnya BlankOn) melalui desain grafis yang diwujudkan dalam bentuk lokakarya.

Lokakarya ini dijadwalkan pada hari kedua pameran, tepatnya pukul 13.00–15.00 WIB. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis (berupa adanya pemadaman listrik bergilir tak terduga) namun sama sekali tidak menyurutkan antusiasme peserta lokakarya yang dipandu oleh Estu Fardani (manajer rilis BlankOn Uluwatu), Rania Amina, dan Bayu Aji (keduanya merupakan anggota tim kesenian BlankOn). Secara teknis pertemuan tersebut belum dapat dikategorikan sebagai lokakarya yang utuh, mengingat ada kendala yang disebutkan di atas dan berimbas pada tidak dapat dilakukannya pelatihan oleh para peserta secara maksimal sehingga hanya menjadi sesi jagongan alias diskusi intensif.

Hasil jepretan selama acara BlankOn on JMR bisa ditengok di mari ya., https://flic.kr/s/aHsmgMKTh8

Jagongan tersebut dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dibuka oleh Estu Fardani dengan pengenalan BlankOn secara umum kepada para peserta diskusi. Sesi kedua berupa pemaparan materi dari Rania Amina dan Bayu Aji terkait tata cara berkontribusi ke lingkungan open source melalui desain grafis. Dalam sesi tersebut pula diperkenalkan aplikasi Pabrikon yang yang dibuat oleh Pak Aris Winardi (koordinator kesenian BlankOn) yang rupanya mendapatkan perhatian khusus dari para peserta. Pabrikon merupakan perkakas (berupa skrip Bash) yang dapat men-generate ikon ke dalam format standar distribusi Linux. Sesi terakhir diisi dengan tanya jawab.

Jagongan ini berakhir dengan tepat waktu dan ditutup dengan pembagian cendera mata untuk beberapa peserta yang beruntung.

 

The following two tabs change content below.

Latest posts by slamets75 (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *