Jeda Sejenak dengan Take A Break

Menyenangkan memang jika bisa mengerjakan suatu tugas tanpa ada hambatan berarti. Satu jam, dua jam, tiga jam tak terasa dihabiskan untuk duduk setia memandang layar laptop. Padahal, namanya manusia pasti merasakan kelelahan. Tapi, Kita meyakinkan diri bahwa kelelahan ini adalah suatu keharusan demi mencapai sesuatu yang berharga.

Jedalah sejenak!

Berlama-lama duduk di depan laptop dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Dilansir dari laman klikdokter.com, bahwa ketika kita duduk, otot tidak berkontraksi sebagaimana mestinya, termasuk kelompok otot besar seperti punggung dan kaki. Akibat otot tidak bergerak, metabolisme tubuh ikut menurun. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, semakin tinggi kadar kolesterol, gula darah, trigliserida, dan lemak di dalam darah dan tubuh seseorang, terutama di bagian lingkar pinggang, yang berujung pada meningkatnya risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.

Rekomendasi saat ini menyarankan agar seseorang terlibat setidaknya 150 menit per minggu dalam aktivitas fisik sedang hingga berat. Hal ini untuk membantu mencegah dan mengelola kondisi penyakit kronis, terutama obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Apabila pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda bekerja di luar kantor, berjalan kaki selama 5 menit setiap jam dapat membantu mengurangi efek negatif dari pola hidup sedenter

Pemasangan dan Percobaan

5 menit setiap jam, berjalan kaki ringan. Ini kata kuncinya. Mari kita coba mengingatkan diri untuk mengambil jeda dengan memanfaatkan aplikasi Take A Break. Anda dapat mengunduhnya langsung pada tautan:

32-bit  atau  64-bit

Ketikkan perintah dengan format berikut pada jendela terminal untuk memasangnya:

sudo dpkg -i nama_berkas.deb

Jika terjadi galat saat pemasangan karena ketergantungan paket lain, jalankan perintah sudo apt-install -f. Selanjutnya, bukalah aplikasi Take A Break melalui bilah aplikasi. Antarmuka aplikasi seperti pada gambar berikut:

  • Aturlah bagian Work Time menjadi 60 menit dan Break Time menjadi 5 menit sebagaimana anjuran dari klikdokter di atas.
  • Smart Resume sebaiknya tak perlu dicentang mengingat yang menjadi perhatian kita itu lama duduknya bukan lama menggunakan laptop
  • Centanglah Start on Login agar Take A Break berjalan otomatis saat laptop Anda mulai dijalankan. Gagal? Gunakan Gnome Tweak Tool
  • Effect akan dijalankan sesuai dengan pengaturan yang dipilih. Ada 5 opsi yaitu Screen Upside Down, Dim Screen, Screen Saver & Lock, Countdown message, dan Lock Screen.

Opsi favorit yang bisa “memaksa” saya untuk beristirahat yaitu Screen Upside Down atau Dim Screen. Selainnya kurang efektif karena dapat dengan mudah kita kembali pada fase Work Time. Take A Break juga akan memberi notifikasi dengan menghitung mundur 15 detik pada tray sebelum masuk ke fase Break time

Nah, apakah jeda seperti ini terasa mengganggu? Tidak, jika Anda tahu apa manfaat dibaliknya. Maka, Jedalah sejenak!

Catatan: Selama jeda, Anda dapat memantau jam tangan Anda atau menggunakan Timer pada ponsel pintar Anda untuk mengingatkan Anda agar kembali bekerja. Sayangnya, fitur ini belum tersedia kecuali pada Efek Countdown message. Itupun tidak ada pengaturan lanjutan untuk mengatur efek dan volume suara.

Atau barangkali, Anda lebih menyukai workrave yang dilengkapi dengan sound notification dan exercise bergambar? Workrave memang telah tersedia pada lumbung BlankOn.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

sayid

Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *