Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape

Misalnya ada contoh teks seperti di bawah ini

Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape - 1

Nah kita ingin tulisan ini tidak monoton hanya seperti itu-itu saja, contohnya hanya rata kiri saja, rata kanan saja, rata kanan dan kiri saja, serta rata tengah. Kita ingin bentuk yang berbeda dari sebuah teks tersebut.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa membuat sebuat tampilan dari tulisan agar lebih menarik untuk dilihat, dan tentunya untuk dibaca juga.

Salah satunya adalah menyesuaikan tulisan dengan sebuah pola atau bentuk dari sebuah obyek (kotak, lingkaran, segitiga, bintang, dan lain sebagainya).

Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape - 2

Terus bagaimana caranya melakukan penempatan teks agar sesuai dengan bentuk obyek yang kita inginkan? Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan.

  • Buatlah teks atau paragraf, contohnya seperti yang tertera pada gambar di atas (dengan syarat tanpa tekan tombol enter, biarkan memanjang).
  • Selanjutnya buatlah bentuk yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan (misal untuk cover buku atau majalah, isi majalah atau koran). Untuk kali ini bentuknya hanya kotak, lingkaran, segitiga, dan bintang.
  • Pilih teks dan kotak (misalnya), kemudian klik Text > Flow into frame (Alt+W).

Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape - 3

  • Hasilnya seperti di bawah ini

Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape - 5

  • Untuk contoh lainnya, bisa seperti ini

Penempatan Teks Sesuai Bentuk Objek – Inkscape - 4

Bagaimana, sangat mudah kan? Silahkan berkreasi secara maksimal, dan apabila ada pertanyaan langsung menulis komentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *