Ada saat-saat ketika kita sedang proses membuat sebuah desain, ingin meniru warna dari obyek yang lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

Langkah 1

Buatlah obyek yang akan diganti warnanya, untuk contoh yang pertama ada sebuah lingkaran. Biar gak bosan aja kalau kotak terus. Dalam contoh terdapat dua obyek, A dan B.

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 1

Inginnya merubah warna yang terdapat pada obyek B ke warna yang sama pada obyek A.

Pilih obyek B, dan ganti cursor ke Pick Color (F7 atau D).

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 2

Hasil akhirnya seperti di bawah ini:

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 3

Langkah 2

Langkah lain bisa menggunakan fungsi copy paste, untuk contoh akan diganti dengan C dan D. Warna juga berbeda agar lebih mudah dipahami.

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 4

Misalnya saja warna pada obyek D akan diganti dengan warna pada obyek C, silahkan pilih obyek C terlebih dahulu. Hal ini untuk mendapatkan warna dari obyek C yang nantinya akan menyamai warna pada obyek D.

Copy warna yang ada pada fill (pojok kiri bawah) dengan cara klik kanan pada warna (contoh hijau), kemudian klik Copy Color.

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 5

Pilih obyek yang D, dan lakukan Paste Color. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini:

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 6

Langkah 3

Langkah yang terakhir mungkin agak ribet ya, karena harus melakukan copy-paste pada kode warna. Caranya adalah tampilkan terlebih dahulu Fill and Stroke (Ctrl+Shift+F) atau Object > Fill and Stroke. Maka akan muncul tampilan di area kerja Inkscape sebelah kanan.

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 7

Misalnya saja akan mengganti warna pada obyek F menjadi warna seperti yang ada di E. Caranya adalah, pilih obyek E dan langsung lihat pada Fill and Stroke RGBA ada sekitar 8 angka hexadesimal. Copy kode warna yang ada di sana, seperti di bawah ini:

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 8

Setelah dilakukan copy pada obyek E, sekarang pilih obyek F. Paste kode warna tadi tetap pada RGBA. Sehingga didapat hasil warna seperti di bawah ini:

Teknik Duplikasi Warna – Inkscape - 9

Bagaimana, cukup bervariasi kan teknik dalam duplikasi warna. Silahkan disesuaikan dengan selera anda, apabila ada pertanyaan silahkan langsung berkomentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

About SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *