Semoga judul Tweaking Komodo 2.0 Icons ini tidaklah berlebihan dan merupakan upaya sederhana dalam mengkostum ikon Komodo 2.0. (default ikon pada distro BlankOn 8 Rote dan BlankOn 9 Suroboyo).
Ikon Komodo 2.0 ini mengusung lisensi GPL v2. sehingga penulis berharap upaya kostumisasi ini tidak bertentangan dengan semangat para Pendekar (pengembang) BlankOn, khususnya kepada pak Azis WS, pak Ainul Hakim, dan pak Kukuh Syafaat. Penulis haturkan permohonan maaf yang tak terhingga, semoga dimaafkan. Amin.

Tujuan dari tweaking ini adalah membuat variasi lain dari ikon Komodo 2.0 dengan cara mengubah dari bentuk kotak (segi empat) menjadi bentuk bulat sempurna. Hal ini dipermudah dengan format Komodo 2.0 yang berekstensi .svg sehingga dapat secara langsung menggunakan aplikasi Inkscape.

Tweaking Komodo 2.0 Icons

Tweaking Komodo 2.0 Icons

 

Baiklah, mari kita bahas dengan santai.

A. Aplikasi dan Bahan
Agar proses ini berjalan baik, yang anda perlukan adalah sebagai berikut :
1. Aplikasi inkscape sebagai pengolah gambar.
2. Kode Sumber (source) ikon Komodo 2.0 yang dapat anda peroleh dari “Repositori BlankOn”, (http://dev.blankonlinux.or.id/browser/tambora/komodo-icon-theme)

B. Proses Tweaking Komodo 2.0 Icons
Ada 5 (lima) proses tweaking Komodo Bulat ini. Silakan anda ikuti langkah-langkah berikut :

  • Ekstrak dan simpan ikon Komodo 2.0 yang telah anda unduh di direktori tertentu, misalnya di /home/namauser/Blankon_Bulat/
  • Buka salah satu ikon dengan cara arahkan kursor ke ikon tertentu > klik kanan > Open with > Inkscape
Tweaking Komodo 2.0 Icons

Tweaking Komodo 2.0 Icons “Before”

  • Gunakan fasilitas “nodes tool” dengan cara meilih di bagian menu-tools atau bisa dengan shortcut F2
  • Pada dasarnya ikon komodo ini terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni background, icons, dan siluet (bayangan). Silakan ungroup terlebih dahulu, atau cukup dengan menekan tombol Ctrl lalu klik bagian background atau siluetnya. Lakukan hal ini satu per satu. Kemudian tarik titik-lingkar-putih ke bawah sehingga bagian-bagian ikon penyusun tadi membentuk lingkaran (bulat). Jangan lupa bagian siluetnya juga.
Tweaking Komodo 2.0 Icons "After"

Tweaking Komodo 2.0 Icons “After”

  • Langkah terakhir, buka bagian menu File > pilih Save.

Selesai

Sebagai penjelasan tambahan, penulis telah membuat contoh proses di atas dalam bentuk video. Anda dapat melihatnya dalam link berikut ini
https://www.youtube.com/watch?v=cm2jzmz8dns

atau langsung pada video berikut :

Tweaking Komodo 2 Icons

Silakan anda periksa perubahan pada ikon tersebut pada file manager anda. Hasil file masih berformat .svg. Namun, jika anda ingin mengubahnya menjadi format lain semisal .png maka anda bisa menggunakan fasilitas Export Bitmap.

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai Tweaking Komodo 2.0 Icons ini penulis paparkan. Semoga bermanfaat. Salam open source.

The following two tabs change content below.
EtcSession touch me at : [~] facebook.com/etcphelichiroot.session [~] etc-desktopart.blogspot.com [~] adudesktop.blogspot.com [~] youtube.com/user/etcdesktopart

Latest posts by EtcSession (see all)

About EtcSession

EtcSession touch me at : [~] facebook.com/etcphelichiroot.session [~] etc-desktopart.blogspot.com [~] adudesktop.blogspot.com [~] youtube.com/user/etcdesktopart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *