Bermain sambil berhitung dengan Tux Math (Bagian 1)

 

Tux Math a.k.a Tux of Math Command, merupakan salah satu software opensource yang dibuat oleh proyek Tux4Kids. Sama seperti “saudaranya” yaitu Tux Typing, Tux Math digolongkan dalam aplikasi di bidang pendidikan. Anda dapat mengunjungi alamat homepage.nya di http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/index.php. Tux Math menyajikan metode pengajaran operasi hitung matematika dalam bentuk permainan ketangkasan (arcade). Tux Math sangat cocok digunakan untuk melatih kemampuan berhitung anak-anak tingkat sekolah dasar, namun demikian remaja atau orang dewasa pun dapat menggunakannya untuk melatih ketrampilan berhitung mereka atau hanya untuk sekedar bersenang-senang :).

Platform utama cerita yang disajikan Tux Math adalah kita berperan sebagai seekor pinguin yang memegang kendali terhadap sebuah senjata penembak laser. Pinguin tersebut ditugaskan untuk melindungi kawan-kawannya yang bermukim di dalam Iglo (rumah es), dari hantaman meteor-meteor yang berjatuhan.

tuxmath1

Untuk menghancurkan setiap meteor, pemain harus menjawab soal berupa angka atau hitungan yang tertera pada tiap meteornya. Setelah mengetahui jawabanya, pemain tinggal mengetikkan jawabannya, lalu tekan tombol “Enter” atau tombol spasi. Apabila jawaban tersebut benar maka laser akan dtembakkan hingga mengenai meteor yang dimaksud, sebaliknya bila jawabannya salah maka laser akan ditembakkan lurus dan tidak mengenai meteor target. Kita bisa menghapus atau memperbaiki jawaban yang terlanjur kita ketik dengan menekan tombol “Del” atau “Backspace”. Ketika sebuah meteor gagal untuk dihancurkan maka meteor tersebut akan jatuh hingga mengenai Iglo yang ada dibawahnya sambil menampakkan jawabannya. Hantaman pertama akan menghancurkan setengah bagian Iglo, sedangakan hantaman kedua akan menyebabkan Iglo hancur total dan menyebabkan penghuninya “minggat”.

tuxmath2

Apabila kita ingin memperbaiki Iglo yang rusak maka kita tinggal menembak meteor spesial yang berwarna merah. Pemain dinyatakan gagal (game over) apabila seluruh Iglo hancur total, dan dinyatakan berhasil bila mampu menyelesaikan tantangan dari tiap level atau wave. Untuk keluar dari permainan, kita tinggal menekan tombol “Esc” atau tombol (X) merah pada bagian pojok kanan atas jendela permainan.

tuxmath3

Ketika kita memulai aplikasi Tux Math, kita akan langsung dibawa pada tampilan Menu Utama. Menu Utama terdiri atas menu: Play Alone, Network Game, Play With Friends, Factoroids, Help, More Options, dan Quit. Berikut adalah penjelasan dari tiap menu yang ada.

  1. Play Alone

    Menu Play Alone menyajikan permainan menembak meteor yang dilakukan oleh seorang pemain saja. Memasuki menu Play Alone kita akan disuguhi 5 pilihan, yaitu:

    tuxmath4

    1. Math Command Training Academy

      Menu ini berisi permainan menembak komet dengan 58 pilihan latihan atau tugas, mulai dari tugas yang mudah yaitu mengetikkan angka hingga tugas yang sulit berupa pembagian positif-negatif. Berbagai penugasan dalam Math Command Training Academy dapat digunakan untuk melatih kemampuan berhitung anak secara berkelanjutan mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

      tuxmath5

    2. Math Commad Fleet Missions

      Berisi permainan hibrid arcade-advanture, dimana tugas pemain adalah mempertahankan selama mungkin Iglo dari hantaman meteor-meteor.

       tuxmath6

    3. Play Arcade Game

      Pada menu ini, platform permainan adalah permainan ketangkasan atau arcade, dengan lima tingkat kesulitan, mulai yang paling mudah yaitu Space Cadet hingga yang paling sulit yaitu Commando. Terdapat menu Hall Of Fame yang berisi daftar nama pemegang skor tertinggi. Kita bisa kembali ke menu utama dengan menekan tombol Main Menu.

       tuxmath7

    4. Play Custom Game

      Serupa dengan permainan Arcade Game, hanya saja kita bisa melakukan pengubahan aturan main dan seting lanjutan pada file option di direktori ~/.tuxmath

       tuxmath8

    5. Main Menu

      Tekan menu atau tombol ini untuk kembali ke menu utama

  2. Network Game

    Menu ini digunakan apa bila kita ingin memainkan Tux Math dalam sebuah jaringan.

tuxmath9

    1. Run Server

      Menu ini digunakan untuk menseting server jika kita ingin bermain dalam sebuah jaringan

    2. Join Game

      Menu ini berfungsi untuk menghubungkan komputer kita sebagai klien pada server permainan Tux Math yang telah dibuat

    3. Main Menu

      Tekan menu atau tombol ini untuk kembali ke menu utama

      (bersambung pada panduan Tux Math bagian kedua………..)

 

 

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

One thought on “Bermain sambil berhitung dengan Tux Math (Bagian 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *