Bermain dan Belajar dengan GCompris #1

Panduan GCompris

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Menu Utama → pengenalan GCompris

Pengenalan Komputer → bermain dengan peralatan komputer

Pengenalan Papan Ketik (keyboard)

Pengenalan Tetikus (mouse)

Mengenal Lingkungan → mengenal warna, suara, bentuk, dll

Aktifitas mengingat → berbagai permainan mengingat (gambar, huruf, suara)

Lorong → cari jalan keluar berbagai tipe lorong

Aktifitas suara → aktifitas berdasarkan suara

Warna → mengenal warna

Aktivitas macam-macam → waktu, geografi, ..

Discover the Braille system → Mengenal aksara Braille

Teka Teki → macam-macam teka-teki

Aktifitas Menyenangkan → aneka macam kegiatan bermain

Matematika → berhitung dan mengenal matematika

Urutan

Aktifitas perhitungan

Geometri

Aktifitas Membaca → mengenal huruf dan kata serta membaca

Aktifitas Percobaan → mengenal alam lewat sains

Permainan Strategi → aneka macam permainan strategi

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

=====================================================================

PERINGATAN:

Pastikan anda membaca seluruh bagian artikel baik pengantar, intermezo, penutup, dan detil-detil lainnya.

Disarankan untuk membaca dan mengaplikasikan kegiatan dalam panduan secara berurutan, misalnya melakukan kegiatan Pengenalan Komputer terlebih dahulu. Hal tersebut berhubungan dengan adanya prasyarat yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan yang lain.

Gunakan halaman ini (pengenalan GCompris) untuk kemudahan navigasi pada artikel yang lain. 

Terimakasih sudah membaca dan mengindahkan peringatan ini 😀 .

=====================================================================

Belajar, sebuah kata yang sangat erat kaitannya dengan eksistensi manusia. Belajar merupakan salah satu esensi dan karunia Tuhan yang membedakan kita dengan sebagian besar makhlukNya yang ada di bumi ini. Betapa pentingnya belajar sehingga terdapat sebuah kalimat bijak yang berbunyi “Belajar itu mulai dari buaian ibu hingga liang lahat”. Kendati baru akhir dekade ini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia mulai diserukan oleh pemerntah, namum esensi mendidik seorang manusia mulai dari periode awal kehidupannya sudah ditanamkan pada berbagai kebudayaan. Kini seiring dengan kesadaran pemerintah dan masyarakat akan pentingnya PAUD, maka banyak bermunculan lembaga yang mengakomodasi kegiatan PAUD tersebut, mulai dari label Day Care, Play Group, TK, les calistung, sanggar, taman belajar, dsb. Berbagai bentuk pendekatan dan metode pendidikan diterapkan dalam PAUD ini, salah satu yang mendapat perhatian adalah penggunaan teknologi (komputer) dalam kegiatan belajar PAUD. Pengunaan teknologi informasi dalam PAUD merupakan sebuah keniscayaan, akibat perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat modern.

GNU/Linux sebagai salah satu sistem operasi yang terkemuka, tidak kalah ketinggalan dalam memberikan beragam solusi penggunaaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Beragam aplikasi mulai dari bentuk permainan hingga simulasi, ditawarkan untuk membantu dalam penerapan pembelajaran berbasis teknologi. GCompris merupakan salah satu aplikasi pendidikan dari GNU/Linux yang menawarkan solusi satu atap dalam penerapan PAUD berbasis teknologi. GCompris adalah kumpulan permainan mendidik yang berisi berbagai kegiatan untuk anak umur dua tahun keatas. Beragam kegiatan pembelajaraan dan permainan edukatif dikemas dan disajikan dalam aplikasi GCompris, mulai dari kegiatan pengenalan komputer hingga permainan strategi. Pada versi GCompris 12.01 terdapat setidaknya 124 bentuk kegiatan belajar berupa permainan-permainan edukatif. Anda dapat mengunjungi situs GCompris di http://gcompris.net/index-en.html .

gcompris1

Di dalam panduan ini, kita akan mengupas lebih dalam tentang beragam fitur dan aplikasi belajar yang dapat dilakukan dengan menggunakan GCompris. Tidak menutup kemungkinan bagi orang tua dan para pendidik untuk mengembangkan beragam bentuk pembelajaran PAUD dengan menggunakan aplikasi GCompris ini. GCompris dibuat pada platforn sisitem operasi GNU/Linux, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada sistem operasi yang lain karena telah tersedia installer untuk platform yang lain.

Instalasi

Sebelum menggunakan GCompris, pertama kita pastikan bahwa GCompris telah terpasang dalam sistem operasi anda. Kita dapat menggunakan aplikasi manajemen paket semisal Synaptic untuk memasangnya. Atau bisa juga dengan mengetikkan sudo apt-get install gcompris. Alangkah baiknya kita juga memasang paket data suara suara berbahasa indonesia (gcompris-sound-id) untuk GCompris. Dengan memasang paket suara berbahasa Indonesia, maka anda (terutama yang kurang cakap berbahasa Inggris) akan terbantu oleh panduan suara berbahasa Indonesia ketika memakai GCompris nantinya. Anda bisa memasang paket data suara berbahasa Indonesia tersebut dengan aplikasi manajemen paket (synaptic) atau lewat terminal dengan mengetik sudo apt-get install gcompris-sound-id.

Mengenal GCompris

Untuk memulai menggunakan GCompris kita pilih menu Applications → Education → Educational suite gcompris.

Pada tampilan awal jendela GCompris akan tampak beberapa bagian yaitu: Toolbar / kolom kegiatan (sisi kiri), kolom navigasi (sisi atas), serta Control bar atau kolom pengaturan (sisi bawah).

Kolom kegiatan berada di siki kiri layar, berisi delapan ikon yang menjadi tema dari kegiatan di GCompris. Masing-masing ikon akan memiliki beragam kegiatan belajar yang berbeda-beda.. Setiap kegiatan memiliki tanda bintang di bagian kanan atasnya, dimana terdapat ketentuan sebagai berikut:

Bintang sederhana (dengan 5 sisi tajam dan berwarna kuning) menandakan bahwa kegiatan tersebut cocok dimainkan oleh anak berusia 2-6 tahun.

Bintang kompleks (dengan banyak sisi tajam dan berwarna orange) menandakan bahwa kegiatan tersebut cocok dimainkan oleh anak berusia 7 tahun keatas.

Banyak bintang antara satu sampai tiga dimana semakin banyak jumlah bintang maka semakin rumit dan sulit kegiatan tersebut.

Tema kegiatan

gcompris2

Secara garis besar seluruh kegiatan dalam GCompris dibagi menjadi delapam tema sesuai jumlah ikon pada toolbar kegiatan. Delapan tema kegiatan GCompris tersebut bisa saja kita maknai sebagai unit atau satuan sentra kegiatan belajar anak. Masing-masing tema akan dibahas secara terpisah pada halaman yang lain. Delapan tema tersebut antara lain:

Pengenalan Komputer → bermain dengan peralatan komputer (papantik dan tetikus)

Mengenal Lingkungan → mengajak anak untuk mengenal warna, suara, bentuk, dan pengetahuan lainnya

Teka Teki → berisi macam-macam permainan teka-teki

Aktifitas Menyenangkan → berisi aneka macam kegiatan bermain

Matematika → mengajak anak untuk berhitung dan mengenal matematika

Aktifitas Membaca → mengajak anak untuk mengenal huruf dan kata serta membaca

Aktifitas Percobaan → mengajak anak untuk mengenal alam lewat sains

Permainan Strategi → berisi aneka macam permainan strategi

Kolom navigasi menunjukkan runtutan tema dan jenis kegiatan/permainan yang kita pilih, berada di sisi atas layar.

Kolom pengaturan berfungsi untuk mengatur setting aplikasi GCompris, anda bisa menampilkannya atau menyembunyikannya dengan menekan tombol Ctrl+B. Kolom pengaturan berada di sisi bawah layar, berisi empat ikon yaitu: ikon exit untuk keluar dari aplikasi GCompris, ikon G berisi informasi seputar GCompris, ikon kunci pas berisi serangkaian pengaturan GCompris, dan ikon tanda tanya berisi penjelasan tentang kegiatan dalam GCompris (syarat, tujuan, dan petunjuk penggunaan). Selain menggunakan kolom pengaturan anda dapat menggunakan beberapa tombol shortcut untuk mengatur GCompris.

Tombol Ctrl+F untuk berpindah tampilan ke modus layar penuh (full screen) dan sebaliknya.

Tombol Ctrl+M untuk menghidupkan dan mematikan musik

Tombol Ctrl+Q untuk keluar/berhenti dari GCompris.

gcompris3

Ketika kita telah menjalankan suatu aktifitas permainan dari GCompris, terdapat beberapa ikon gambar yang akan muncul diantaranya:

Rumah(home) → keluar dari kegiatan serta kembali ke menu utama (tombol shortcut Ctrl+W atau Esc)

Jempol(thumb) atau tombol OK → digunakan untuk mengecek/mengkonfirmasi jawaban

Panah kanan-kiri dan Angka level → menunjukkan level / tingkat kesulitan dari kegiatan sedang berlangsung. Anda dapat mengaturnya dengan mengklik panah kanan atau kiri

Speaker / Bibir(Lips) → digunakan untuk mengulang pertanyaan yang ada dalam suatu kegiatan/permainan

Lingkaran Recycle → digunakan untuk mereset permainan (kembali ke keadaan awal)

Tanda tanya → digunakan untuk memunculkan informasi bantuan. SANGAT PENTING untuk mengetahui: prasyarat kecakapan suatu kegiatan, tujuan kegiatan tersebut, serta petunjuk penggunaan ketika melakukan kegiatan permainan

Kunci pas (tool) → digunakan untuk memunculkan menu pengaturan

Quit/exit → digunakan untuk berhenti/keluar dari kegiatan

gcompris4

Demikian pengenalan singkat tentang GCompris. Penjelasan mengenai masing-masing kegiatan bermain dan belajar akan tersaji pada panduan berikutnya

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

5 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #1

  • Pingback: Manajemen Proses dan Evaluasi Pembelajaran Dengan GCompris Administration | Panduan BlankOn

  • 26 Apr 2015 at 15:26
    Permalink

    maaf,, saya tidak dapat menginstal gcompris dengan perintah ” sudo apt-get install gcompris”
    jawabannya “E: dpkg was interrupted, you must manually run ‘sudo dpkg –configure -a’ to correct the problem.”
    maaf ini hari ke 3 saya menggunakan blankon suroboyo,,,
    semoga saya dapat pencerahan,, terimakasih,,,

    Reply
  • 5 Nov 2015 at 16:38
    Permalink

    wah keren juga nih gcompris. sayangnya cuma ada di linux. semoga di windows juga akan ada yang seperti ini, supaya makin banyak anak yang bermain dan belajar dengan menyenangkan menggunakan media komputer 😀

    Reply
    • 8 Nov 2015 at 09:31
      Permalink

      Versi windows juga ada kok, cuma kalau mau fitur yang selengkap di Linux harus bayar

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *