Bermain dan Belajar dengan GCompris #4

> Mengenal Lingkungan → mengenal warna, suara, bentuk, dll

Mengenal Lingkungan merupakan salah satu tema yang menyajikan berbagai kegiatan yang memanfaatkan berbagai indera yang dimiliki oleh anak. Setidaknya terdapat tiga cara belajar yang dikenal berdasarkan indera dan tindakan yang dipakai yaitu: visual, auditori, dan kinestetik. Pembelajar visual lebih dominan menggunakan organ penglihatan sebagian alat bantu belajar, pembelajar auditori menggunakan telinga dan suara untuk belajar, sementara pembelajar kinestetik menggunakan sentuhan dan gerakan dalam kegiatan belajar mereka. Seorang anak memiliki setidaknya salah satu jenis cara belajar yang dominan, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan beberapa cara belajar sekaligus. Stimulasi beragam panca indra dapat membantu anak untuk lebih mudah menyerap informasi dan pengetahuan.

Kegiatan Mengenal Lingkungan (dan juga tema-tema yang lain dalam GCompris) menyajikan beragam kegiatan yang dapat menjadi alat pendukung dari berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Seorang psikolog bernama Gardner menyatakan sebuah teori yaitu teori kecerdasan jamak (multiple intelligent). Teori tersebut menyatakan bahwa manusia memiliki setidaknya 8 jenis kecerdasan yaitu kecerdasan: visual-spasial, logis-matematis, naturalis, interpersonal, intrapersonal, body-kinestetik, musikal, dan linguistik. Setiap kecerdasan ini identik dengan bakat yang dimiliki oleh anak serta memiliki domain pengembangannya sendiri-sendiri. Setiap anak memiliki kecenderungan pada satu kecerdasan atau bakat yang dominan, namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari dan mengembangkan beberapa kecerdasan sekaligus.

Tema Mengenal Lingkungan terdiri atas enam sub tema yaitu:

Aktifitas mengingat → berbagai permainan mengingat (gambar, huruf, suara)

Lorong → cari jalan keluar berbagai tipe lorong

Aktifitas suara → aktifitas berdasarkan suara

Warna → mengenal warna

Aktivitas macam-macam → waktu, geografi, ..

Discover the Braille system → Sistem Braille adalah metode yang digunakan oleh para tuna netra untuk membaca dan menulis, dan merupakan bentuk penulisan digital yang pertama.

Setiap subtema memiliki beberapa permainan dan kegiatan yang berbeda-beda.

gcompris18

# Aktifitas mengingat

Merupakan subtema yang mengakomodasi kegiatan mengingat. Berbagai permainan dalam subtema ini merangsang anak untuk melatih kemampuan mengingatnya terutama mengingat jangka pendek (short term memorizing) yang menjadi dasar bagi kegiatan mengingat jangka panjang (long term memorizing).

gcompris19

@ Permainan mengingat dengan gambar

Pada kegiatan ini pemain diajak untuk mengingat gambar, huruf, dan angka yang ada pada kartu-kartu yang terbalik. Setiap gambar, huruf dan angka tersebut memiliki pasangannya.masing-masing. Tugas dari pemain adalah menemukan pasangan kartu yang sama seraya mengingat letak kartu yang sama.

gcompris20

@ Permainan mengingat dengan gambar, melawan Tux

Kegiatan ini mirip dengan kegiatan Permainan mengingat dengan gambar, hanya saja pemain akan berlomba melawan Tux. Raihan skor yang tertinggi akan menentukan pemenangnya.

gcompris21

@ Kereta Api

Anak kecil bahkan orang dewasa sekalipun, sangat antusias ketika melihat alat transportasi yang satu ini, ya Kereta Api. Permainan mengingat dengan kereta akan mengajak pemain untuk mengingat urutan rangkaian sebuah kereta. Mulanya pemain akan ditunjukan gambar suatu contoh rangkaian kereta pada bagian atas. Selajutnya kereta akan bergerak meninggalkan stasiun, lalu muncul beragam bgambar-gambar gerbong dan lokomotif penyusun kereta. Tugas dari pemain adalah merangkai gerbong dan lokomotif sesuai gambar rangkaian yang telah pergi. Semakin tinggi level permainan maka semakin banyak susunan gerbong dan semakin cepat kereta contoh meninggalkan stasiun. Bunyi peluit Kereta Api yang khas akan menemani sepanjang kegiatan bermain anda 🙂 .

gcompris22

@ Permainan mengingat bunyi (audio)

Di kegiatan ini pemain diharuskan mengingat nada yang ada pada gambar tux (penguin) kecil di dalam kotak. Serupa dengan permainan mengigat dengan gambar, hanya saja yang kita klik adalah gambar tux serta tujuannya adalah mencari bunyi nada yang sama. Kegiatan ini dapat melatih anak untuk diam serta fokus dalam mendengarkan.

gcompris23

@ Permainan mengingat bunyi melawan Tux

Serupa dengan kegiatan Permainan mengingat bunyi, hanya saja pemain akan diajak berlomba melawan Tux. Raihan skor tertinggi akan menentukan pemenangnya.

gcompris24

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *