Bermain dan Belajar dengan GCompris #13

# Aktifitas Perhitungan

Setelah menganal angka dan urutannya, kali ini kita akan diajak dalam serangkaian permainan yang melibatkan kemampuan berhitung. Kategori Aktivitas Perhitungan akan mengenalkan serta mengasah kemampuan anak pada operasi perhitungan dasar seperti tambah, kurang, kali, dan bagi. Kategori ini memiliki delapan macam kegiatan bermain, empat diantaranya mempunyai banyak variasi dari operasi perhitungan sesuai dengan bentuk kegiatannya masing-masing.

gcompris89

@ Pemakan Bilangan

Dalam permainan ini kita akan berperan sebagai monster hijau. Tugas monster tersebut adalah memakan bilangan-bilangan di dalam kotak sesuai dengan instruksi yang ada di atas bidang permainan. Gunakan tombol kanan, kiri, atas, bawah untuk menggerakkan monster hijau serta tombol spasi untuk memakan bilangan dalam kotak. Apabila kita salah memakan bilangan yang dimaksud (jawaban salah) maka akan muncul peringatan di layar permainan. Berhati-hatilah dengan Troggle, si Monster ungu yang bisa memakan si monter hijau, ia juga dapat mengisi kembali kotak yang telah kosong sebelumnya. Terdapat lima bentuk permainan berhitung dari Pemakan Bilangan, yaitu: Kelipatan, Persamaan, Pertidaksamaan, Persekutuan, dan Bilangan Prima.

gcompris90

@ Aktifitas mengingat matematika

Permainan ini serupa dengan permainan mengingat pada subtema sebelumnya, yaitu mengingat kartu secara berpasangan. Hanya saja dalam permainan ini kita akan mencari kartu yang memasangkan operasi bilangan dengan hasilnya. Tedapat tujuh variasi operasi bilangan yang dapat dimainkan, antara lain:Perkalian, Penjumlahan dan Pengurangan, Perkalian dan Pembagian, Pengurangan, Penjumlahan, Pembagian, dan Operasi Campuran.

gcompris91

@ Aktifitas mengingat matematika melawan Tux

Serupa dengan kegiatan sebelumnya, kali ini kita akan berlomba melawan Tux si penguin.

gcompris92

@ Aktifitas Aljabar

Pada permainan ini kita akan membantu agar bola udara yang dinaiki Tux tidak terjatuh ke air. Caranya dengan mengetikkan jawaban yang benar dari setiap operasi menghitung yang muncul. Ada tiga macam operasi bilangan dari permainan ini yaitu: Penjumlahan, Pengurangan, dan Perkalian. Jangan lupa untuk menekan tombol “saya siap” untuk memulai setiap permainan. 😀

gcompris93

@ Berlatih penjumlahan dengan melempar sasaran

Berhitung dapat menjadi lebih menyenangkan bila dilakukan dengan aktifitas olahraga atau ketangkasan. Permainan ini akan melatih anak untuk berhitung sambil menentukan arah lemparan. Pemain dapat menentukan arah lemparan (klik) dengan melihat indikator arah dan kecepatan angin di bagian kanan atas layar permainan. Adapun sasarannya berupa lingkaran-lingkaran dengan skor yang berbeda. Setelah beberapa kali melempar, akan muncul kotak yang menanyakan jumlah dari skor hasil lemparan kita. Ketikkan hasilnya dan lihat konfimasi jawaban di layar.

gcompris94

@ Seimbangkan timbangan

Timbangan merupakan salah satu alat bantu perdagangan yang tertua. Selain mengajarkan materi perhitungan, penggunaan timbangan dapat membantu anak untuk memahami nilai-nilai etika(adab), yaitu jujur dan adil dalam menimbang. Dalam permainan ini anak akan melakukan simulasi penggunaan timbangan, dengan meletakkan (kik) beberapa bandul pada bagian sebelah kiri sehingga beratnya sama dengan berat dari beban di sebelah kanan.

gcompris95

@ Cari kumpulan operasi yang benar

Permainan ini mengharuskan pemain untuk mengatur strategi dalam menyusun seperangkat angka dan tanda perhitungan sehingga sesuai dengan nilai yang telah diberikan pada bagian pojok kanan atas. Pemain dapat membatalkan pilihannya dengan mengkliknya lagi. Menurut saya permainan ini sangat mudah dan menantang untuk dilakukan oleh anak-anak :D.

gcompris96

@ Seimbangkan Timbangan (bergambar Tux)

Serupa dengan permainan Seimbangkan Timbangan sebelumnya, hanya saja kita dapat meletakkan bandul timbangan pada kedua sisi daun timbang.

gcompris97

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *