Bermain dan Belajar dengan GCompris #12

> Matematika → mengajak anak untuk berhitung dan mengenal matematika

Matematika atau berhitung adalah kemampuan yang diperlukan dalam kehidupan manusia. Matematika juga merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan anak untuk memasuki dunia akademik(sekolah) disamping kemampuan membaca dan menulis. Belajar Matematika memiliki pengaruh besar dalam perkembangan kecerdasan logika anak. Dengan melakukan pembiasaan terhadap kegiatan berhitung, tentunya anak akan lebih siap untuk menerima Matematika sebagai pelajaran di sekolahnya nanti. Subtema Matematika dalam GCompris menyuguhkan berbagai macam permainan dalam bentuk kegiatan berhitung. Di dalam tema ini juga terdapat kegiatan bermain peran seperti pada kegiatan jual beli. Pendekatan bermain dan bermain peran akan membuat anak menjadi lebih senang dan santai, sehingga tidak membuat image dari Matematika atau berhitung menjadi sesuatu yang ditakuti.

Di dalam subbtema Matematika terdapat tiga kategori permainan yaitu: urutan, aktifitas perhitungan, dan geometri. Masing-masing kategori memiliki beragam kegiatan dan permainan menghitung. Berikut adalah penjelasan dari tiap kategori beserta bentuk kegiatan dan permainannya.

gcompris73

# Urutan

Kategori ini akan mengajak anak untuk bermain mengurutkan nilai bilangan (enumerasi).

gcompris74

@ Go to money activities

Siapa yang tidak mengenal uang?, representasi alat tukar ini menjadi idola bagi banyak orang. Dan ketika banyak orang yang suka, tentu belajar kepada hal yang disukainya akan menjadi lebih mudah :D. Pada kegiatan ini anak akan diajak untuk mengenal uang dan berhitung menggunakannya. Dengan melakukan simulasi dalam kegiatan ini, anak akan menjadi paham tentang bagaimana menggunakan uang dalam kegiatan sehari hari terutama jual-beli.

gcompris75

$ Uang (dengan gambar uang kertas)

Dalam permainan ini anak diajak untuk melakukan simulasi membeli barang. Pada bagian tengah layar terdapat tampilan barang beserta label harganya. Sementara pada bagian bawah terdapat sejumlah nominal uang baik kertas maupun logam. Tugas pemain adalah mengklik pada uang di bawah sehingga mampu membayar sejumlah harga barang yang tampil. Apabila pemain merasa perlu mengubah uang yang telah diklik, pemain tinggal mengklik kembali uang pada bagian atas layar. Tekan atau klik tombol OK untuk mengkonfirmasi jawaban. Semakin tinggi level permaian, maka semakin banyak dan besar nominal harga barang yang harus dibayarkan, serta kita perlu menjumlahkan terlebih dahulu harga dari barang-barang yang tampil.

gcompris76

$ Give tux his change

Di permainan Give tux his change kita berperan sebagai pemilik sebuah toko, sedangkan Tux si penguin berperan sebagai pelanggan (pembeli) di toko kita. Pada bagian tengah layar terdapat barang-barang yang akan dibeli oleh Tux, disertai dengan label harganya. Sementara itu Tux memegang sejumlah nominal uang. Tugas kita adalah memberikan kembalian dari barang yang dibeli oleh Tux. Caranya sama, kita tinggal mengkik pada uang di bagian bawah layar. Apabila pemain merasa perlu mengubah uang yang telah diklik, pemain tinggal mengklik kembali uang pada bagian atas layar. Tekan atau klik tombol OK untuk mengkonfirmasi jawaban. Semakin tinggi level permaian, maka semakin banyak dan besar nominal harga barang yang dibeli oleh Tux.

gcompris77

$ Uang (dengan gambar uang receh)

Permainan ini hampir serupa dengan permainan uang sebelumnya, hanya saja kali ini kita akan diperkenalkan dengan konsep pecahan dalam bentuk uang receh sen. Aturan mainnya sama dengan permainan sebelumnya yaitu mengklik gambar uang pada sisi bawah layar, sesuai dengan label harga barang. Jumlahkan seluruh harga barang apabila muncul lebih dari satu barang di bagian tengah layar. Tekan tombol OK untuk mengkonfirmasi jawaban.

gcompris78

$ Give tux his change, including cents

Serupa dengan permainan Give tux his change, hanya saja kita mgngunakan pecahan yaitu sen. Aturan mainnya sama dengan permainan sebelumnya yaitu mengklik gambar uang pada sisi bawah layar, sesuai dengan kembalian dari uang yang dibayarkan Tux. Jumlahkan seluruh harga barang apabila muncul lebih dari satu barang di bagian tengah layar, untuk kemudian dicari kembaliannya. Tekan tombol OK untuk mengkonfirmasi jawaban.

gcompris79

@ Jumlah titik pada dadu

Permainan ini serupa dengan permaian di kegiatan mengenal papan tik. Kita harus menghitung berapa jumlah titik pada sisi atas di kedua dadu yang muncul. Setelah mengetahui jumlahnya kita ketik atau tekan tombol angka, dan apabila jawabanya benar dadu-dadu tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jangan sampai dadu-dadu tersebut jatuh ke dalam tanah. Semakin tinggi level pemanaian maka semakin banyak dadu yang muncul.

gcompris80

@ Enumeration memory game

Kegiatan Enumeration memory game, mirip dengan kegiatan mengingat gambar pada aktivitas memori. Pemain harus mengklik pada kartu yang terbalik lalu mencari pasangan antara kartu angka dengan kartu bergambar kupu-kupu yang jumlahnya sama. Di sini pemain juga harus menghafalkan letak dari masing-masing kartu-kartu. Kartu yang berpasangan otomatis akan menghilang. Semakin tinggi level maka semakin banyak kartu yang muncul.

gcompris81

@ Hitung item

Pada kegiatan ini pemain harus menghitung jumlah item (benda/barang) yang ada. Untuk memudahkan menghitung tiap item, pemain dapat mengelompokkan masing-masing item dengan cara seret dan jatuhkan menggunakan tetikus. Selanjutnya pemain tinggal menghitung jumlah masing-masing item, lalu mengetikkan jawabannya pada masing-masing kotak di bagian kanan bawah dengan mengklik tanda tanya terlebih dahulu. Tekan tombol enter untuk megnkonfirmasi jawaban.

gcompris82

@ Bilangan berurutan

Permainan Bilangan berurutan mengajak anak untuk mengurutkan bilangan serta melatih koordinasi motoriknya. Pemain diharuskan mengatur gerakan helikopter dengan menekan tombol panah kanan, kiri, atas, bawah untuk menyentuh awan-awan yang berangka secara berurutan.

gcompris83

@ Topi penyulap (dengan tanda plus)

Permaian Topi penyulap mengenalkan anak pada kegiatan berhitung. Disini anak diharuskan menghitung jumlah bintang-bintang yang masuk ke dalam topi setelah terlebih dahulu kita klik gambar topinya. Untuk menjawabnya, pemain tinggal mengklik pada gambar bintang-bintang yang ada pada bagian kanan bawah sesuai dengan jumlah bintang yang telah masuk ke dalam topi.

gcompris84

@ Berlatih pengurangan dengan permainan

Dalam permainan ini, kita berperan sebagai Tux yang sedang kelaparan. Tugas kita adalah menghitung jumlah kotak es yang harus dilalui Tux untuk mencapai ikan mangsanya. Setelah mengetahui jawabannya, kita tinggal mengatur nilai titik pada dadu dengan mengklik pada gambar dadu diikuti dengan mengklik tombol OK untuk menjalankan Tux. Apabila jawaban kita salah maka kesempatan kita untuk mengulang jawaban akan berkurang. Hal tersebut ditunjukkan dengan berkurangnya nilai pada indikator di sebelah kanan.

gcompris85

@ Topi penyulap (dengan tanda minus)

Serupa dengan permainan topi penyulap sebelunnya, hanya saja kali ini kita harus menghitung bintang yang tersisa didalam topi setelah beberapa bintang kabur. Untuk menjawabnya kita tinggal mengklik pada gambar bintang dibagian bawah sesuai dengan sisa bintang yang ada di bawah topi.

gcompris86

@ Tebak bilangan

Pada kegiatan ini kita akan membantu helikopter Tux untuk terbang keluar dari gua dengan menjadi seorang mentalis hehehe. Kita hanya perlu menebak angka yang ada di instruksi yang muncul pada bagian kiri atas, lalu kita ketikkan jawabannya pada kotak di sebelah kanan dan tekan tombol OK atau enter. Apabila nilainya lebih kecil dari jawaban yang sebenarnya maka akan muncul peringatan “terlalu rendah” pada bagian tengah atas layar, begitu pula sebaliknya.

gcompris87

@ Menggambar nomor

Permainan ini serupa dengan Klik dan gambar pada aktifitas pengenalan komputer(tetikus). Pemain harus mengklik pada titik-titik angka secara berurutan untuk memunculkan gambar yang tersembunyi.

gcompris88

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

4 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *