Membuat Label Buku Perpustakaan dengan Libreoffice Calc

Buku-buku diperpustakaan biasanya diberi label pada punggungnya. Label tersebut biasanya berisi;

  • Nomor klasifikasi buku, misalnya DDC
  • Tiga huruf pertama dari nama penulis buku
  • Huruf pertama dari judul bukulabel-call-number

     

    Bila kita sudah punya data buku dalam file pengolah angka seperti Libreoffice Calc, maka kita dapat membuat label buku secara lebih cepat yaitu dengan memanfaatkan beberapa fungsi.

Langkah-langkah membuat label buku perpustakaan

  • Buku libreoffice calc dan buatlah buku kerja/workbook yang berisi data buku.
  • Tempatkan data buku pada lembar kerja1/sheet 1. Data buku ini setidaknya terdiri 4 kolom dari;
  1. nomor klasifikasi buku
  2. Nama Penulis
  3. Judul buku
  4. Keterangan
    sheet1
  • Buka lembar kerja ke-2 / sheet 2
  • Desainlah label buku sesuai selera. Desain label buku setidaknya terdiri dari 6 baris/row. Baris pertama dan terakhir akan kita biarkan kosong. Adapun isi baris ke-2, 3, 4, dan 5 pada kolom-kolom pada lembar kerja1/sheet 1
  • Isi kolom ke-2 dengan fungsi yang mengacu ke kolom Nomor Klasifikasi pada sheet1. Misalnya bila pada Sheet1, kolom Nomor Klasifikasi berada pada kolom D, maka di Sheet2, baris kedua, misalnya sel A2 dapat kita isi dengan’ =$Sheet1.$D$2′Fungsi ini mengacu pada data yang ada pada sel D2 di dalam Sheet1.
  • Isi kolom ke- dengan fungsi yang mengacu ke kolom Nama Penulis pada sheet1. Misalnya bila pada Sheet1, kolom Nama Penulis berada pada kolom C, maka di Sheet2, baris ketiga, misalnya sel A3 dapat kita isi dengan’ =LEFT($Sheet1.$C$2;3)’Fungsi LEFT ini berfungsi mengambil 3 huruf/karakter paling kanan dari data yang berada di dalam sel C2 pada Sheet1.
  • Isi kolom ke-4 dengan fungsi yang mengacu ke kolom Judul pada sheet1. Misalnya bila pada Sheet1, kolom Judul berada pada kolom B, maka di Sheet2, baris keempat, misalnya sel A4 dapat kita isi dengan ‘=LEFT($Sheet1.$B$2;1)’Fungsi LEFT ini berfungsi mengambil 1 huruf/karakter paling kanan dari data yang berada di dalam sel B2 pada Sheet1.
  • Isi kolom ke-5 dengan fungsi yang mengacu ke kolom Keterangan pada sheet1. Misalnya bila pada Sheet1, kolom Keterangan berada pada kolom E, maka di Sheet2, baris kelima, misalnya sel A5 dapat kita isi dengan fungsi ‘=Sheet1.$E$2’Fungsi ini mengacu pada data yang ada di dalam sel E2 pada Sheet1.
  • Gandakan dan sesuaikan fungsi-fungsi tersebut pada sel-sel berikutnya. Dalam satu halaman folio/F4 dapat kita buat 27 buah label.sheet2

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Berikut file latihan kami;

perpus label buku baru

The following two tabs change content below.
Pelayan pelajar di MTs Irsyaduth Thullab masih belajar menulis, salah satunya di kebokata.blogspot.com

Faiq Aminuddin

Pelayan pelajar di MTs Irsyaduth Thullab masih belajar menulis, salah satunya di kebokata.blogspot.com

3 thoughts on “Membuat Label Buku Perpustakaan dengan Libreoffice Calc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *