Aplikasi pengingat waktu sholat #Minbar

Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditegakkan oleh kaum muslimin. Bagi anda yang sering bekerja di depan komputer, barangkali sering lupa atau tidak tahu bahwa waktu sholat telah tiba. Minbar adalah salah satu aplikasi di linux yang berfungsi untuk mengingatkan anda pada jadwal sholat 5 waktu. Anda dapat mengunjungi hompage minbar di http://djihed.com/minbar . Minbar terpasang sebagai aplikasi bawaan pada distro BlankOn versi Sajadah, namun anda juga bisa menambahkan ke versi umum melalui Synaptic atau Apt-get. Berikut akan kami tampilkan mengenai cara pemakaian aplikasi Minbar.

minbar1

  1. Aplikasi Minbar dapat anda cari di menu Aplikasi -> Aksesoris, atau apabila anda menggunakan BlankOn Sajadah maka anda dapat mencarinya di menu Aplikasi -> Perangkat lunak islami.

     minbar2

  2. Setelah dibuka, maka aplikasi Minbar akan langsung menyajikan jendela utama dengan beberapa kolom informasi yaitu Times, Location, Timetable, dan sebuah kolom pengaturan (Preferences).

     minbar3

  3. Segera lakukan pengaturan untuk menyesuaikan antara waktu sholat dengan lokasi tempat anda tinggal atau bekerja. Klik tombol Preferences pada kolom pengaturan sehingga muncul jendela pengaturan pada menu tabulasi “City Details”. Lalu lakukan penyesuaian lokasi dengan mengklik tombol Find City.

  4. Setelah mengklik tombol Find City, maka muncul jendela lokasi. Ketikkan nama kota anda pada kolom pencarian sehingga muncul nama kota anda di pilihan daftar nama kota. Apa bila anda tidak menemukannya, anda disarankan untuk mencari koordinat loasi anda di www.islamicfinder.org, atau anda bisa menggunakan data dari kota yang terdekat dengan kota anda. Klik tombol Apply untuk menyetujui perubahan. Hint: Apabila anda dalam keadaan: tidak mengetahui koordinat lokasi anda, tidak memiliki akses internet, tetapi menggunakan BlankOn Sajadah, maka anda dapat memanfaatkan aplikasi Stellarium untuk mencari koordinat lokasi anda atau yang kota terdekat (lihat panduan Stellarium mengenai pengaturan dan pencarian lokasi).

     minbar4

  5. Setelah itu data mengenai koordinat dan nama kota anda akan tampil di kolom-kolom. Satu lagi yang perlu kita ubah adalah kolom Time Zone, dimana untuk daerah WIB kita masukkan nilai +7.0. Sementara untuk WITA dan WIT berturut -turut nilainya adalah +8.0 dan +9.0

    minbar5

  6. Berpindah ke menu tabulasi “Advanced”, kita lakukan pengubahan terhadap pilihan Calculation method, dengan memilih metode penghitungan waktu sholat yang sesuai dengan kepercayaan anda. Setelah itu anda dapat mengatur opsi pengecilan (minimize) jendela minbar saat memulai komputer pada pilihan Options, serta mengatur jeda pengingat sholat pada pilihan Notifications. Hint: Karena mayoritas umat muslim di Indonesia menganut mazhab Syafi’i supaya mencocoki jadwal sholat pada kebanyakan masjid di Indonesia, maka pada pilihan Calculation Method saya menyarankan untuk memilih Egyptian General Authority of Survey atau University of Islamic Sciences, Karachi (syaf’i).

    minbar6

  7. Selanjutnya pada menu tabulasi “Athan”, anda dapat memilih rekaman suara adzan yang akan anda putar saat tiba waktu sholat nanti. Anda diwajibkan untuk mengunduh (download) sendiri file rekaman suara adzan, atau bagi anda yang seorang muadzin dapat memilih rekaman suara adzan anda sendiri :). Setelah melakukan pengaturan klik OK, lalu anda dibawa kembali ke jendela utama Minbar.

    minbar7

  8. Segera cek perubahan data waktu dan lokasi di kolom Times dan Location. Apabila telah sesuai, beri tanda centang dengan mengklik opsi Play Athan di atas tombol Preferences.

     minbar8

  9. Bila anda ingin mengetahui jadwal sholat pada tanggal tertentu, anda dapat memeriksanya dengan mengklik tombol Prayer Calender. Klik tombol Close untuk mengakhiri jendela Minbar Prayer Calender. Hint: Anda bisa mencocokkan jadwal sholat pada Minbar dengan jadwal sholat di masjid atau di www.jadwalsholat.org, apabila terdapat selisih yang telampau besar maka kemungkinan anda harus mengatur kembali koordinat lokasi atau metode kalkulasi jadwal adzan (Calculation Method).

     minbar9

  10. Setelah melakukan serangkaian pengaturan, anda bisa keluar dari jendela utama Minbar dengan mengklik tombol Close, sehingga Minbar akan ter-minimized menjadi ikon di system tray.

  11. Untuk berhenti atau menon-aktifkan aplikasi minbar anda bisa mengklik tombol Quit.

Demikian sekilas pembahasan mengenai aplikasi Minbar, semoga bermanfaat. Sebelum saya tutup, saya menasehati diri sendiri dan kaum muslimin untuk selalu menjaga sholat-sholatnya terutama sholat wajib yang 5 waktu, karena sholat adalah: tiang agama, pembeda antara muslim dengan non muslim, serta menjadi “penolong” dan “pelindung” bagi kaum muslimin. Walhamdulillah.

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *