Mengambil gambar dari layar komputer (Screenshot)

Peringatan: Mungkin anda yang sudah familiar dengan komputer, tidak asing akan dengan panduan berikut ini dan mungkin di luar sana sudah banyak tutorial yang sejenis, namun di sini saya hanya mencoba menjelaskan kembali fitur screenshot yang ada di Desktop BlankOn. Panduan ini untuk bertujuan untuk membantu mereka yang masih baru dalam mengaplikasikan artikel http://panduan.blankonlinux.or.id/umum/cara-menulis-artikel-di-panduan-blankon-linux/ . Jadi harap maklum 😀

Anda seorang yang baru belajar komputer? Anda ingin ikut sayembara menulis panduan dan mengambil gambar tampilan program atau kegiatan di layar komputer? Jangan khawatir, di BlankOn ada sebuah aplikasi yang bernama “Screenshot” yang berfungsi untuk mengambil cuplikan atau bahkan keseluruhan tampilan di layar komputer BlankOn anda. Berikut adalah penjelasan cara penggunaannya.

Pertama, kita dapat membuka aplikasi “Screenshot” dengan mencarinya pada menu Applications -> Accessories -> Screenshot . Klik pada aplikasi tersebut.
screen1

Setelah itu akan muncul tampilan dari aplikasi Screenshot, dengan 2 baigan utama yaitu Take Screenshot dan Effects
screen2

Pada bagian Take Screenshot terdapat 3 modus atau cara pengambilan gambar dan sebuah opsi pengaturan waktu. Berikut adalah penjelasannya:

  • Grab the whole desktop. Pilihan ini berfungsi mengambil tampilan yang ada pada keseluruhan layar. Anda dapat memilihnya dengan menekan radio button.nya atau dengan menekan tombol Alt dan D ketika program ini aktif, lalu tekan tombol Take Screenshot untuk mengambil gambar.
  • Grab the current window. Pilihan ini berfungsi untuk mengambil tampilan dari jendela aplikasi yang sedang aktif. Jadi ketika kita memakai sebuah aplikasi dan ingin mengambil tampilan dari jendela aplikasi tersebut, maka anda bisa menggunakan fitur ini. Anda dapat memilih fitur ini dengan menekan radio button.nya atau dengan menekan tombol Alt dan W ketika program ini aktif, lalu tekan tombol Take Screenshot untuk mengambil gambar.
  • Select area to grab. Pilihan ini berfungsi untuk mengambil gambar berupa cuplikan yang ada pada tampilan layar. Ketika kita ingin mengambil sepotong gambar yang ada pada tampilan layar maka kita pilih fitur ini atau tekan tombol Alt dan A, lalu tekan tombol Take Screenshot. Selanjutnya akan muncul tanda + yang menggantikan penunjuk (pointer) pada tetikus. Pilih cuplikan gambar yang diinginkan dengan klik dan tarik penunjuk tetikus lalu lepas, setelah itu akan muncul preview cuplikan gambar yang telah kita ambil.
  • Grab after a delay of …… seconds. Ini adalah opsi pengaturan waktu yang hanya aktif( dapat digunakan) bila kita menggunakan pilihan Grab the whole desktop dan Grab the current window. opsi ini berfungsi layaknya timer atau penghitungan mundur dalam mengambil suatu screenshot. Kita dapat mengisikan waktu yang kita inginkan dalam detik dengan mengetikkan angka yang kita inginkan pada kolom pengaturan waktu. Di samping kolom tersebut, terdapat tombol + untuk menambah dan tombol – untuk mengurangi nilai waktu.

Pada bagian Effect terdapat 2 opsi yaitu Include pointer dan Include the window border, berikut adalah penjelasannya

  • Include the pointer. Opsi ini mengatur tampak tidaknya penunjuk (pointer) pada tetikus dalam gambar yang kita ambil nanti. Pilihan ini akan muncul ketika kita menggunakan modus pengambilan gambar Grab the whole desktop dan Grab the current window. Kita dapat mengaktifkannya dengan mengklik kotak centang di depan opsi.
  • Include the window border. Opsi ini mengatur tampak tidaknya pembatas (border) pada jendela aplikasi yang gambarnya ingin kita ambil. Pilihan ini hanya akan muncul ketika kita menggunakan modus pengambilan gambar Grab the current window. Kita dapat mengaktifkannya dengan mengklik kotak centang di depan opsi. Pada opsi ini juga terdapat opsi lanjutan yaitu Apply effect yang berfungsi mengatur effect pada pembatas (border) dari gambar.
    • pilihan None tidak memberikan efek apa pun
    • pilihan Border memberikan tambahan pembatas (border) berupa garis hitam.
    • pilihan Drop shadow memberikan tambahan bayangan di sekeliling gambar.

Setelah kita menentukan modus pengambilan gambar dan opsi yang kita gunakan, maka kita dapat segera melakukan pengambilan gambar dengan mengklik tombol Take Screenshot. Lalu ketika kita telah selesai mengambil gambar, kita akan ditunjukkan jendela preview dari gambar yang telah kita ambil disertai pilihan direktori tempat penyimpanan dan kolom penamaan gambar. Kita bisa membatalkan pengambilan gambar dengan mengklik tombol Cancel. Adapun tombol Help berfungsi memunculkan manual atau panduan penggunaan aplikasi ini, tentu saja dalam bahasa inggris.

Mungkin suatu ketika kita merasa kerepotan karena harus bolak-balik mengklik menu Applications -> Accessories -> Screenshot untuk mengambil banyak gambar, namun anda jangan gundah 😀 . Terdapat “jalan pintas” atau hotkey untuk melakukan pengambilan gambar.

  • Tekan tombol Print Screen untuk mengambil keseluruhan tampilan di layar. Hal ini setara dengan modus Grab the whole desktop.
  • Tekan tombol Alt dan Print Screen untuk mengambil tampilan dari sebuah jendela aplikasi yang sedang aktif. Hal ini setara dengan modus Grab the current window.
  • Tekan tombol Shift dan Print Screen untuk mengambil cuplikan dari sebagian tampilan di layar. Hal ini setara dengan modus Select area to grab.

Setelah mengambil gambar dengan cara hotkey, maka gambar anda secara otomatis akan disimpan dalam folder Pictures pada direktori Home anda. Satu lagi yang ingin saya sampaikan, kalau bisa anda menseting layar monitor dengan resolusi yang pas sehingga hasil screenshot anda bagus. Sekian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, sampai jumpa lagi

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *