Latihan mengetik dengan Tux Typing (bagian 2)

 

Setelah di panduan bagian 1 kita mengenal beberapa fitur game dari Tux Typing, kali ini kita akan mencoba menggunakan fitur lain yang disediakan pada menu utama. Tiga fitur yang akan kita gunakan adalah fitur “Lessons”, “Options”, dan “Quit”.

  1. Simulasi mengetik dengan “Lessons”

    Fitur “Lessons” pada menu utama berisi serangkaian simulasi mengetik yang melatih anda untuk mendayagunakan 10 jari tangan. Ketika kita memilih fitur ini mula-mula kita akan disuguhi beberapa daftar latihan dasar (basic lesson). Terdapat sekitar 42 jenis latihan dasar dalam mengetik, yang kesemuanya akan mengajarkan dan membiasakan penempatan tiap jari tangan pada tiap tombol di papan tik (keyboard).

    pic tuxtyping8

    Setelah memilih pilihan pada daftar latihan dasar, kita akan diberitahu tujuan dari latihan. Tekan tombol spasi untuk melanjutkan. Sebelum memulai latihan, kita akan diberikan gambaran letak tombol yang akan kita gunakan. Untuk memulai latihan tekan tombol “P”.

    pic tuxtyping9

    Pada saat latihan dimulai kita akan diberitahu urutan huruf yang harus kita ketikkan. Deretan huruf atau karakter tersebut terletak pada bagian atas jendela latihan. Kita juga akan dipandu oleh serangkaian gambar dan huruf. Pada bagian kiri bawah terdapat gambar jari-jari tangan yang akan memandu kita untuk memposisikan jari mana yang harus digunakan. Pada bagian kanan bawah terdapat display satuan huruf atau karakter yang harus kita ketikan. Sementara di bagian tengah terdapat gambar papan tik yang akan menunjukkan letak tombol yang harus ditekan.

    pic tuxtyping10

    Setelah kita menyelesaikan sesi latihan, tekan tombol spasi atau “Esc” untuk kembali ke menu utama.

  2. Pilihan tambahan pada menu “Options”

    Menu “Options” menyajikan sederetan fitur untuk pengaturan, dan pengayaan latihan mengetik. Terdapat 5 pilihan fitur yaitu:

    1. Edit Word List

      Fitur ini berfungsi melakukan pengeditan pada Word list. Kita bisa menambahkan kategori baru pada pilihan kata (word list) sehingga dapat memperkaya daftar kosakata yang kita gunakan untuk permainan baik “Fish Cascade” maupun “Comet Zap”. Dengan melakukan pengeditan pada pilihan kata (word list) kita juga bisa menambahkan kosakata berbahasa indonesia atau istilah-istilah untuk bidang tertentu.

      pic tuxtyping11

      Untuk menambahkan suatu kategori pilihan kata (wordlist) tekan tombol “NEW”. Selanjutnya kita melakukan kategori pengeditan pilihan kata (word list) dengan memilih pilihan kata yang kita maksud menggunakan tombol panah dan tekan tombol “Enter”. Untuk memasuki sesi pengeditan kosa kata, kita tekan “Enter” lalu ketikkan kata yang kita inginkan. Setiap kita ingin menambahkan kata yang baru kita tekan tombol “Enter”. Untuk melakukan pengeditan pada daftar kata yang sudah kita ketikkan, kita bisa menggunakan tombol panah lalu tekan “Enter” lalu tekan tombol “Del”. Selanjutnya melakukan penghapusan dengan tombol “Backspace”, dan kita ketikkan kata yang baru. Tombol “Del” juga bisa digunakan untuk menghapus kata yang tidak tita inginkan. Untuk keluar dan menyimpan suatu pilihan kata, kita tekan tombol “Esc”.
      pic tuxtyping12

      Jika kita ingin menghapus suatu katergori pilihan kata kita bisa menggunakan tombol “REMOVE” pada menu utama “Word List Editor”. Tekan tombol “DONE” untuk mengakhiri kegiatan di Word List Editor, dan kita bisa melihat kategori pilihan kata yang telah kita buat pada daftar pilihan kata (word list) di awal permainan.

       pic tuxtyping13

    2. Phrase Typing

      Phrase Typing merupakan fitur yang berguna untuk melatih pengetikan frase. Fungsi dan tampilan dari fitur ini hampir serupa dengan menu “Lessons”. Lihat kembali gambar 10 untuk keterangan tampilan Phrase Typing.

       pic tuxtyping14

    3. Project Info

      Project Info berisi beberapa informasi seputar proyek dan software Tux Typing

       pic tuxtyping15

    4. Setup Language

      Fitur ini berisi pengaturan untuk mengganti bahasa yang digunakan oleh aplikasi

       pic tuxtyping16

    5. Main Menu

      Tombol ini akan membawa kita kembali ke menu utama dari Tux Typing

  3. Tombol “Quit”

    Dengan menekan tombol ini, maka kita akan segera dibawa keluar dari aplikasi Tux Typing :D.

Demikian penjelasan dari pemakaian aplikasi Tux Typing, semoga anda dan keluarga terhibur dan terdidik oleh aplikasi ini 😀

 

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

One thought on “Latihan mengetik dengan Tux Typing (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *