Inkscape merupakan aplikasi untuk mengolah vektor, bagi yang belum mengetahui lebih rinci tentang Inkscape bisa langsung dibaca di BlankOn Linux atau inkscape.org.

Langsung pada pembahasan mengenai tutorial pertama yakni edit path. Semua desain vektor, pasti berhubungan dengan yang namanya path. Tutorial ini, mungkin lebih panjang karena path ini penting untuk segala desain berbasis vektor.

Dari path inilah, kita bisa membuat berbagai macam bentuk obyek sesuai dengan apa yang kita inginkan. Langkah-langkah dalam edit path pada Inkscape adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah awal yang jelas adalah membuka aplikasi Inkscape
  • Buatlah sebuah obyek, misalnya saja persegi
  • Ada tiga cara dalam membuat persegi, cara yang pertama adalah dengan menggunakan: 1) “Rectangle Tool (short-cutnya adalah F4 atau bisa tekan R pada keyboard)”, cara yang kedua adalah dengan membuat persegi secara manual menggunakan 2) “Pencil Tool (shortcutnya adalah F6 atau bisa tekan P pada keyboard)”, dan yang terakhir dengan menggunakan 3) “Bezier with Pen Tool (shortcutnya adalah Shift+F6 atau bisa tekan N pada keyboard)”.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 1

  • Bedanya dari ketiga tool tersebut adalah, untuk 1) Rectangle Tool (F4 atau R) paling cepat dalam membuat sebuah persegi atau kotak namun belum bisa menjadi path. Sedangkan dua tool lainnya yakni 2) Pencil Tool (F6 atau P) dan 3) Bezier with Pen Tool (Shift+F6 atau B) langsung berupa path.
  • Untuk yang pertama menggunakan Rectangle Tool, caranya adalah dengan menekan tombol F4 atau R pada keyboard. Kemudian lakukan drag and drop.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 2

  • Untuk yang kedua menggunakan Pencil Tool, caranya adalah dengan menekan tombol F6 atau P pada keyboard. Kemudian klik secara berkelanjutan (dalam satu garis) hingga membentuk kotak atau persegi.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 3

  • Untuk yang ketiga menggunakan Bezier with Pen Tool, caranya adalah dengan menekan tombol Shift+F6 atau B pada keyboard. Kemudian klik secara berkelanjutan juga hingga membentuk kotak atau persegi.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 4

  • Setelah selesai, pilih salah satunya. Misalnya saja menggunakan obyek yang pertama, untuk obyek yang pertama belum berupa path. Maka dari itu harus dijadikan path terlebih dahulu.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 5

  • Seperti gambar di atas, klik obyek dan tekan Ctrl+Shift+C atau bisa klik Path > Object to Path.
  • Untuk bisa mengedit kotak tersebut, bisa menekan tombol N pada keyboard.
  • Selanjutnya bisa merubah bentuk kotak sesuai keinginan anda, misalnya saja seperti 6 obyek yang ada di bawah ini setelah diedit setiap sudutnya (ditarik setiap sudut dari kotak tersebut).

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 6

  • Apabila ingin merubah bentuk garisnya, tinggal di geser sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Edit Path – Inkscape - Bagian 1 - 7

Apabila ada pertanyaan, silahkan langsung tulis komentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

About SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *