Setelah selesai dengan Edit Path Bagian 1, sekarang pembahasan edit path dilanjut lagi. Kali ini lebih detail dan lebih rinci lagi mengenai edit path.

Sekarang kita fokus pada satu obyek saja ya, misal tetap pada persegi/kotak. Apabila memilih kotak, akan seperti di bawah ini ketika kursor masih dalam keadaan normal (Selector Tool).

Edit Path – Inkscape - Bagian 2 - 1

Nah, untuk membuat berbagai macam bentuk dari persegi/kotak ini dapat dilakukan dengan cara merubah kursor terlebih dahulu ke “Edit Paths Tool (shortcut F2 atau N)”. Maka hasilnya seperti di bawah ini:

Edit Path – Inkscape - Bagian 2 - 2

Pada gambar di atas terdapat 4 titik di setiap sudutnya, dan itu merupakan Node atau Titik. Jadi titik-titik tersebut yang akan diedit sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk menambah titik-titik tersebut, bisa menggunakan berbagai macam cara. Misalnya saja dengan melakukan double klik pada line/garisnya, sesuai dengan keinginan anda mau ditambah di sebelah mana. Lakukan double klik pada garis bagian bawah, misalnya seperti di bawah ini.

Edit Path – Inkscape - Bagian 2 - 3

Selanjutnya menambah titik atau node dengan cara (insert new node) paling kiri bertanda +,

Edit Path – Inkscape - Bagian 2

tapi sebelumnya harus memblok dua titik atau lebih. Dan nantinya akan menambah satu titik/node lagi di tengah-tengah di antara dua node yang telah ditandai atau diblok tadi. Maka akan bertambah satu titik di tengah-tengah bagian bawah.

Edit Path – Inkscape - Bagian 2 - 4

Dilanjut ke Edit Path Bagian 3.

Apabila ada yang perlu ditanyakan, silahkan langsung tulis komentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

About SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

One thought on “Edit Path – Inkscape [Bagian 2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *