Teknik rotasi obyek sangat diperlukan dalam proses desain, agar hasil desain lebih maksimal. Selain rotasi, perpindahan obyek juga sangat dibutuhkan. Agar hasil desain tidak kaku dan lebih banyak ekspresi.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa anda lakukan.

1. Contoh Rotasi Lingkaran

Buatlah bentuk lingkaran yang agak lancip, dan agar ketahuan sudah dirotasi apa tidak maka warnanya digradasi. Misalnya saja seperti di bawah ini:

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 1

Selanjutnya hanya butuh tangan dewa saja (istilah agar kerjaan lebih cepat). Caranya adalah duplikat obyek dengan menekan Ctrl+D (usahakan kursor tetap pada Selector Tool) selanjutnya langsung saja tekan kurung siku tutup “]” untuk rotasi ke kanan dan kurung siku buka “[” untuk rotasi ke kiri. Dan hasilnya seperti ini kalau diulang-ulang.

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 2

2. Contoh Rotasi Teks

Untuk teks pun contohnya seperti yang ada pada nomor satu. Tinggal digandakan dan dirotasi. Misalnya saja contohnya kata “BlangkOn”. Tapi untuk teks, kita modifikasi lagi agar hasilnya berbeda dari sebelumnya.

Sebenarnya, pada saat kita memilih obyek dengan menggunakan Selector Tool. Ada dua tampilan panah (lihat contoh panah pada nomor 1) ketika melakukan klik obyek, yang pertama akan muncul panah resize obyek. Dan klik yang kedua kalinya akan muncul rotate object atau rotasi.

Sekarang coba menggunakan opsi yang kedua yakni rotate object, pada saat melakukan klik yang kedua kalinya pada obyek. Maka posisi panah akan berubah dan juga ada tanda “+” di tengah obyek.

Kita akan bermain-main dengan tanda plus tersebut, kita bisa memindahkan kemanapun yang anda suka. Itu adalah titik tengah dari rotasi yang akan kita lakukan pada sebuah obyek tersebut. Contohnya saja seperti di bawah ini:

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 3

Inilah perbedaan antara klik pertama dan klik kedua, perbedaannya terletak pada arah panah berwarna hitam. Apabila tanda + dipindah ke pojok kanan bawah tepatnya pada huruf “N”, maka hasil rotasi seperti di bawah ini.

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 4

Ini setelah dilakukan 4 kali duplikat dan empat kali rotasi (Ctrl+]).

Setelah rotasi, dilanjutkan dengan membalik obyek. Istilahnya adalah flip, dengan kursor tetap pada Selector Tool. Kalau sudah hafal dengan shortcut yang tersedia di Inkscape, bisa langsung menekan beberapa tombol pada keyboard untuk melakukan flip obyek atau bisa klik pada Status bar seperti di bawah ini:

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 5

Ada dua macam dalam melakukan flip, yang pertama adalah flip vertical (V) dan flip horizontal (H). Berikut ini adalah beberapa contoh dari flip vertical dan flip horizontal:

1. Flip Vertical

Untuk contoh yang digunakan adalah “BlankOn”, klik obyek kemudian tekan tombol V pada keyboard. Hasilnya seperti di bawah ini:

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 6

2. Flip Horizontal

Untuk contoh yang digunakan juga adalah “BlankOn”, klik obyek kemudian tekan tombol H pada keyboard. Hasilnya seperti di bawah ini:

Teknik Rotasi dan Membalik Obyek – Inkscape - 7

Bagaimana sudah bertambah kan ilmu desain anda? Silahkan dikembangkan sendiri bagaimana dan seperti apa hasil yang lebih bagus menurut anda!

Di sini hanya memberikan tutorial sederhana saja. Apabila ada pertanyaan, silahkan langsung tulis komentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

About SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *