Bermain dan Belajar dengan GCompris #10

> Teka Teki → macam-macam teka-teki

Siapa yang tidak menyukai teka-teki?. Manusia dengan akal yang dianugerahkan dari Tuhan, menyukai kegiatan berpikir, dan adakalanya menggunakan pikirannya untuk kegiatan bersenang-senang. Salah satunya dengan bermain teka-teki. Bermain teka-teki dapat melatih anak untuk mencari solisi bagi suatu permasalahan (problem solving) anak. Permainan teka-teki akan mengasah logika dan kesabaran dari pemain oleh karena itu berhati-hatilah, sebab permainan teka-teki dapat membuat otak anda “kecanduan” dengan permainan tersebut hehe 😀 . Terdapat setidaknya sebelas bentuk permainan teka-teki dalam tema ini.

gcompris54

@ Teka-teki Tangram

Tangram berasal dari bahasa cina yang berarti tujuh papan kecerdikan. Dalam permainan ini pemain diiajak untuk menyusun tujuh potongan papan, menjadi pola gambar seperti yang ditunjukkan pada kotak sebelah kanan. Pertama kita klik salah satu potongan lalu kita seret dan jatuhkan pada posisi yang kita inginkan. Untuk memutar papan kita bisa menggunakan lima tombol pemutar yang berupa anak panah yang berwarna hijau. Gunakan tombol bergambar pola garis berwarna merah untuk menampakkan garis bantu berwarna merah, sementara itu tombol diatasnya (berwarna hitam) akan membantu pemain untuk menentukan posisi papan-papan penyusun dalam menyelesaikan pola yang sedang dikerjakan. Tersedia lebih dari 100 pola gambar yang bisa kita mainkan :D.

gcompris55

@ Susun gambar

Permainan susun gambar merupakam sebuah permainan Puzzle yang bertujuan untuk melatik ketrampilan anak dalam merepresentasiikan sebuah ruangan atau gambar. Pemain tinggal melakukan seret dan jatuhkan potongan gambar pada titik merah sehingga menghasilkan gambar yang utuh. Tersedia berbagai macam objek gambar mulai dari lukisan hingga panorama sebuah bangunan.

gcompris56

@ Permainan memindah kotak

Di permainan ini, pemain akan bertugas sebagai juru parkir :D. Ya, kotak berwarna merah adalah representasi dari sebuah mobil berwarna merah yang harus kita keluarkan melalui gerbang yang ada di sebelah kanan. Kita diharuskan mengatur kotak (mobil) yang lainnya sedemikian rupa sehingga kotak merah dapat keluar menuju gerbang parkir. Setiap kotak hanya bisa bergerak searah, entah kanan-kiri atau atas-bawah.

gcompris57

@ Menara Hanoi yang disederhanakan

Permainan ini mirip dengan permainan Menara Hanoi, hanya saja tidak terdapat aturan batang yang kecil harus diatas batang yang besar. Pemain hanya diharuskan utnuk menyusun batang-batang pada kotak biru sebelah kiri (yang kosong) sehingga sama dengan pola yang ada pada kotak biru paling kanan. Pemain dapat menggunakan menara yang lain untuk tempat memindah sementara batang-batang yang tidak dibutuhkan. Semakin tinggi level permainan maka semakin banyak batang dan menara yang digunakan.

gcompris58

@ Otak Super

Permaianan Otak Super merupakan permainan menebak urutan warna yang tersembunyi. Di bagian kiri atas terdapat susunan warna yang dapat digunakan. Pemain diharuskan mengubah warna pada lingkaran-lingkaran di bagian tengah dengan cara mengklik pada lingkaran tersebut sehingga menjadi urutan warna yang benar. Tekan enter untuk mengkonfirmasi setiap urutan warna yang telah kita buat. Jika terdapat warna yang cocok , pada bagian kanan akan muncul bulatan berwarna putih. Jika susunan warna lingkaran tersebut benar maka bulatan putih akan menjadi bulatan hitam dan di bagian tengah (pada lingkaran) akan terdapat kotak berwarna hitam.

gcompris59

@ Bangun model yang sama

Crane, sebuah kendaraan yang digunakan untuk membangun gedung bertingkat ataupun untuk mengangkat benda-benda yang berat. Ketika melihat Crane beraksi, sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan dan menimbulkan kekaguman pada ketrampilan operatornya. Pada permainan Bangun model yang sama, anak akan diajak untuk membangun sebuah model dalam kotak di bagian kiri sehingga sama dengan model dalam kotak sebelah kanan. Pemain dapat menggunakan tombol navigasi di bagian layar serta mengklik pada gambar objek untuk memindah objek tersebut. Pemain juga bisa menggunakan tombol navigasi(kanan-kiri-atas-bawah) serta tombol spasi untuk memindahkan objek. Permainan ini dapat membantu anak untuk bermain peran sebagai operator Crane dan berasa seperti terlibat dalam sebuah proyek pembangunan, barangkali dengan ini akan timbul cita-citanya dalam bidang enginering :D.

gcompris60

@ Photo Hunter

Pernahkah kita mengikuti atau sekedar iseng membaca kuis “Carilah perbedaan gambar” yang ada di surat kabar. Ah….., barangkali kita langsung antusias entah karena kuis tersebut sangat menantang dan menarik, atau karena termotivasi hadiahnya, hehe :D. Pada permainan Photo Hunter kita akan menjumpai hal yang serupa. Anak akan diajak untuk mengamati secara cermat detil dari dua gambar yang hampir sama, lalu menentukan bagian yang berbeda dan mengklik pada bagian tersebut untuk mengkonfirmasi jawaban. Mudah bukan?

gcompris61

@ Menara Hanoi

Dari namanya kita tahu bahwa permainan ini berasal dari negara Vietnam. Aturan dalam permainan ini adalah kita diharuskan memindah susunan batang secara berurutan, dalam hal ini ke menara dalam kotak biru. Setiap kali memindah hanya diperkenankan memindah satu batang, dan batang berukuran besar tidak boleh berada di atas batang kecil.

gcompris62

@ Sudoku, taruh simbol yang unik di dalam kotak

Sudoku adalah sebuah permainan papan dari jepang. Aturan permainannya sangat mudah, kita tinggal mengisi kotak-kotak yang kosong dengan objek yang tersedia tetapi dalam satu kolom atau baris tidak boleh terdapat dua objek yang sama. Semakin tinggi level permainan maka semakin banyak kotak kosong yang harus diisi.

gcompris63

@ Permainan lima belas

Permainan ini mengharuskan pemainnya menyusun kotak-kotak angka secara berurutan mulai dari angka terkecil yaitu satu hingga angka terbesar yaitu 15. Pemain tinggal mengklik angka di samping ruang kosong untuk menukar posisi kotak angka dengan ruang kosong tersebut.

gcompris64

@ Lights Off

Di permainan Lights Off kita akan membantu Tux untuk mematikan seluruh lampu dengan cara mengklik pada gambar lampu yang menyala. Eits… tapi tunggu, ketika kita mengklik sebuah gambar lampu kita juga akan mengubah keadaan lampu di sekitarnya, yang dulunya hidup akan mati dan begitu sebaliknya. Jadi berhati-hatilah dalam memilih lampu yang akan dimatikan. Kita juga bisa meminta bantuan untuk menyelesaikan permainan dengan mengklik pada gambar Tux. Jadi sebenarnya siapa yang membantu siapa?, tergantung kita sebagai pemainnya :D.

gcompris65

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *