Bermain dan Belajar dengan GCompris #2

> Pengenalan Komputer → bermain dengan peralatan komputer

Mengenalkan anak dengan perangkat teknologi menjadi sebuah kebutuhan yang tak terelakkan pada era modern ini. Pendidik PAUD yang menggunakan teknologi memiliki beberapa keunggulan atau nilai lebih yang tidak dimiliki pendidik lain. Tidak hanya untuk memanfaatkan komputer dalam mempermudah den menjadikan menarik suatu kegiatan pembelajaran. Dengan mengenalkan anak pada komputer merupakan sebuah bentuk pembelajaran yang diperlukan untuk kehidupannya kelak, mengingat kini penggunaan komputer telah merambah berbagai segi kehidupan.

Kegiatan pengenalan komputer dengan GCompris dapat memberikan solusi bagi pendidik dalam menyediakan berbagai kegiatan pengenalan untuk mengoperasikan sebuah komputer. Dengan menggunakan komputer, anak dapat melatih koordinasi gerak motoriknya terutama mtorik halusnya. Selain itu kegiatan ini menjadi prasyarat kompetensi untuk melakukan kegiatan lainnya dari aplikasi GCompris. Anak juga diajak untuk mengembangkan kemampuan yang lain, semisal mengenal angka, huruf, bentuk, kemampuan berhitung, dan kemampuan membaca.

Terdapat 2 bentuk utama dari kegiatan pengenalan pengoperasian komputer dalam GCompris, yaitu pengenalan Papan Ketik (keyboard) dan pengenalan Tetikus (mouse):

# Pengenalan Papan Ketik

gcompris5

Dalam kegiatan pengenalan papan ketik, GComprismenawarkan empat bentuk kegiatan bermain. Berikut adalah penjelasannya

@ Tendang bola ke arah Tux

Pada kegiatan ini, anak diajak untuk berkenalan dan menyentuh papan ketik. Pemain diharuskan untuk menekan dua tombol Shift secara bersamaan supaya bola berjalan lurus ke arah Tux si penguin.

gcompris6

@ Jumlah titik pada dadu

Di kegiatan ini, anak diharuskan mengetik tombol angka sesuai dengan jumlah titik pada dadu yang keluar, sebelum dadu jatuh ke dalam tanah. Pemain diharuskan memiliki kecakapan berhitung terlebih, serta mengenal angka terlebih dahulu.

gcompris7

@ Huruf sederhana

Anak diajak untuk mengetikkan huruf yang jatuh dari sisi atas. Kegiatan ini juga bagus untuk mengenalkan anak pada huruf.

gcompris8

@ Kata-kata berjatuhan

Anak dilatih untuk mengenal kata sebagai sebuah kumpulan huruf tertentu yang memiliki sebuah arti. Pemain diharuskan mengetikkan huruf dalam kata yang muncul terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mengetikkan kata yang lain.

gcompris9

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

One thought on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *