Bermain dan Belajar dengan GCompris #9

# Discover the Braille system

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi idaman bagi setiap orangtua, namun adakalanya anak lahir dengan keterbatasan pada indera penglihatannya, atau dalam perjalanan kehidupan terdapat musibah yang mengakibatkan hilangnya fungsi penglihatan. Saya pribadi berharap, semoga kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan pada indera penglihatan kita semua. Kendati demikian bukan berarti anak penyandang disabilitas terutama tuna netra tidak memiliki kesempatan untuk belajar. Walhamdulillah, telah ditemukan sistem Braille, yaitu suatu metode yang digunakan oleh para tuna netra dalam kegiatan baca tulis. Adanya kegiatan Discover the Braille system merupakan salah satu bukti kepedulian GCompris kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terutama para penyandang disabilitas. Subtema ini membantu mereka dan orang di sekitar mereka dalam memanfaatkan teknologi untuk belajar terutama mengenai huruf Braille. Terdapat empat bentuk kegiatan dari subtema Discover the Braille system, berikut adalah penjelasannya.

gcompris49

@ The History of Louis Braille

Dalam kegiatan ini kita akan diajak untuk mengenal sejarah dari sang penemu huruf Braille, ya Louis Braille. Kita akan diajak untuk mengetahui kronologi kehidupan serta proses pembuatan huruf Braille. Gunakan tombol panah kanan dan kiri untuk menelusuri catatan sejarahnya. Di akhir kegiatan ini, akan ada suatu “quiz” yang digunakan untuk mereview kembali pengetahuan yang telah kita pelajari.

gcompris50

@ Discover the Braille system

Pada kegiatan Discover the Braille system, kita akan belajar tentang cara membuat dan membaca huruf Braille. Di awal kegiatan kita akan disuguhi prinsip pembuatan huruf Braille. Setiap karakter huruf Braille merupakan enam titik yang tersusun atas dua kolom masing-masing berisi tiga titik. Titik-titik tersebut memiliki urutan dari kiri atas bernomer 1 ke bawah lalu ke kanan hingga berakhir di kanan bawah yang bernomer 6. Setelah memahami prinsip huruf Braille, klik pada gambar Tux (penguin) untuk melanjutkan kegiatan. Layar kegiatan terdiri atas tiga bagian: bagian tas berisi contoh aksara Braille; bagian tengah berisi instruksi yang menyebuutkan huruf yang harus dibuat, gunakan tombol bergambar speaker (pojok kanan bawah) untuk mengulangi instruksi dalam bentuk suara; dan bagian Braille Cell berisi serangkaian titik-titik (cell) Braille tempat menjawab instruksi. Lakukan klik pada titik-tiitik Braille sesuai instruksi yang diberikan, setelah kita memgunakan tombol OK untuk mengkonfirmasi jawaban. Gunakan tombol Bantuan (tombol bergambar cell Braille disebelah kiiri tombol Rumah) untuk memunculkan bantuan berupa daftar aksara Braille.

gcompris51

@ Braille Fun

Permainan Braille Fun mengajak anak untuk membuat suatu aksara Braille secara menyenangkan:D. Pemain diharuskan mengisi titik Braille berdasarkan huruf yang dijatuhkan oleh Tux dari atas pesawat. Semakin tinggi level permainan akan semakin banyak susunan huruf yang harus dibuat.

gcompris52

@ Braille Lotto

Permainan Braile Lotto mengajak anak untuk mengenal angka dalam aksara Braille sambil memainkan permainan Lotto. Pemain tinggal mengklik pada piliihan pola huruf braille yang ada di papan sesuai dengan isntruksi angka pada bagian pojok kiri bawah. Untuk mengubah instruksi angka, tinggal klik kotak “generate a number”. Kotak “i don’t have this number” akan memberikan informasi tentang ada tidaknya pola angka yang dimaksud oleh instruksi pada masing-masing papan permainan mereka. Pemain yang terlebih dahulu menjawab dengan benar seluruh pola yang ada di papan permainanlah yang akan menang. 😀

gcompris53

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *