> Aktifitas Menyenangkan → aneka macam kegiatan bermain

Karya seni, Olahraga, dan beraneka ragam kegiatan ekstra kurikuler, merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan mendidik anak. Bahkan kegiatan semacam itulah yang memberikan porsi yang besar terhadap pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligent). Sebagai review, telah kita ketahui bersama bahwa terdapat setidaknya delapan bentuk kecerdasan, yaitu: visual-spasial, logis-matematis, naturalis, interpersonal, intrapersonal, body-kinestetik, musikal, dan linguistik. Kegiatan pembelajaran kurikuler cenderung terjadi dominasi ranah kognitif yang condong pada tipe kecerdasan logis-matematis serta linguistik saja. Maka dari itu perlu diadakan pembelajaran yang mengaktifkan sisi kecerdasan yang lain.

Kegiatan karya seni dapat mengembangkan sisi kecerdasan visual spasial dan musikal anak. Kegiatan olah raga dapat mengasah kecerdasan tubuh-kinestetik anal. Sementara kegiatan bersosialisasi dapat menumbuhkan kecerdasan interpersonal, dan menginisiasi kecerdasan intrapersonal anak. Ketiga kegiatan tersebut nampaknya terakomodasi dalam subtema Aktifitas Menyenangkan dalam GCompris. Kendati penggunaan GCompris cenderung mengarah pada pembelajaran visual, namun dengan sedikit modifikasi pada penggunaan GCompris maka kita dapat mengubah cara dan hasil pembelajaran. Langsung saja kita akan bahas berbagai kegiatan dalam subtema ini.

gcompris66

@ Tuxpaint (Tux menggambar)

Bagi mereka yang mengenal windows mungkin program ini hampir serupa dengan microsoft Paint. Dalam kegiatan ini anak akan diajak untuk membuat gambar (vektor) dengan menggunakan aplikasi Tuxpaint, oleh karena itu pastikan aplikasi tersubut telah terpasang (terinstall) pada sistem anda. Kegiatan mengolah gambar ini merupakan salah satu kegiatan berkesenian. Anak dapat diajak mengenal seni menggambar, bahkan diperkenalkan pada salah satu karir di dunia komputer yaitu desain grafis.

gcompris67

@ Permainan sepak bola

Sesuai dengan namanya permainan ini memiliki aturan main yaitu memasukkan bola ke gawang (lingkaran hitam besar). Pemain dapat menggerakkan bole dengan melakukan klik pada gambar bola, maka bola akan bergerak dan makin lama lajunya akan berkurang. Agaknya permainan ini lebih mirip denganBilliard :D, tapi toh esensi memasukkan bola ke gawang lebih mudah dipahami oleh anak. Tipe kecerdasan body kinestetik akan terasah dengan simulasi permainan ini. Tetu saja kita dapat melakukan modifikasi kegiatan belajar dengan melakukan kegiatan ini, bersamaan dengan kegiatan menendang bola sungguhan. Gunakan bola plastik pada ruangan yang cukup lega(luas), serta pastikan komputer anda aman dari tendangan bola. Permaian ini juga dapat menjadi kegiatan alternatif olah raga bagi anak di saat cuaca sedang tidak mendukung (semisal di luar sedang turun hujan).

gcompris68

@ Pengolah kata milikmu

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi pengolah kata? Hampir semua pengguna komputer dari pemula hingga yang mahir pasti pernah menggunakan aplikasi pengolah kata, entah itu MSoffice, OpenOffice, LibreOffice, WPS, dll. Dalam kegiatan ini anak diajak untuk berkenalan dengan aplikasi pengolah kata. Di sini anak dapat mengetikkan kata-katanya sendiri atau menyalinnya dari tulisan orangtua atau guru. Pada aplikasi pengolah kata di GCompris, anak akan diajak untuk mengenal konsep Style (gaya). Dengan demikian anak akan memiliki kelebihan ketika berpindah ke aplikasi pengolah kata yang lebih rumit atau ketika anak berkenaan dengan kegiatan Bloging. Gunakan tombol pengaturan Style (gaya) di bagian kiri. Untuk menyimpan dan memuat hasil ketikan, kita bisa menekan tombol disket (untuk simpan) dan folder (untuk memuat).

gcompris69

@ Hexagon

Permaian Hexagon bertujuan untuk melatih logika anak serta menggenalkan anak pada bentuk perubahan warna. Aturan mainnya adalah kita harus menemukan strwberry yang tersebunyi di balik segienam. Ketika kita mengklik salah satu dari segienam tersebut, maka warnanya akan berubah, semakin merah warnanya maka semakin dekat lokasinya dengan segienam yang berisi strawberry.

gcompris70

@ Buat gambar atau animasi

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang saya sukai :D. Pada kegiatan Buat gambar atau animasi, selain diajak untuk menggambar bebas, anak akan diajak untuk membuat animasi. Barangkali nantinya anak memiliki bakat menjadi seorang animator, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mengenalkannya dengan kegiatan ini. Untuk membuat gambar, kita bisa menggunakan beragam tombol pada toolbar di sisi kiri. Bila kita ingin membuat animasi kita bisa menggunakan frame (kotak-kotak kecil dibagian bawah) secara berurutan. Bila kita ingin memainkan hasil pembuatan animasi, kita bisa menekan tombol bergambar billboard? (papan adegan), selanjutnya kita akan dibawa menuju modus memainkan gambar. Kecepatan memainkan animasi dapat kita atur dengan mengubah nilai kecepatan di bagian kiri bawah. Tekan tombol kuas untuk kembali pada modus mengedit gambar. Kita bisa menyimpan atau memuat hasil gambar dan animasi kita dengan menekan tombol bergambar disket dan folder.

gcompris71

@ Chat and draw with your friends

Permaianan ini akan mengenalkan anak anda pada dunia jejaring sosial, dan akan membantu anak dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya. Mengenalkan anak untuk melakukan aktifitas chating pada jaringan lokal tentunya lebih aman. Selain aktifitas yang lebih terkontrol, kita dapat menanamkan pelajaran etika dalam berkomuikasi di internet. Pemain dapat menuliskan pesan dan gambar pada kolom yang tersedia. Terdapat opsi kanal dan teman yang dapat dipilih.

gcompris72

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *