Bermain dan Belajar dengan GCompris #8

# Aktivitas Macam-Macam

Sub tema ini merupakan salah satu subtema favorit saya :D. Di dalamnya terdapat bermacam-macam kegiatan yang membantu anak untuk mengenal diri dan lingkungannya, belajar mengatasi suatu masalah, berkreatifitas dengan gambar, serta memanfaatkan benda yang ada di sekitarnya. Dengan mengenal dri dan lingkungannya diharapkan akan tumbuh sikap (afektif) yang positif dari anak, seperti: kemandirian, keberanian, kreatifitas, keinginan menolong, dan lain sebagainya. Langsung saja kita akan bahas kegiatan-kegiatannya satu persatu.

gcompris37

@ Kenali tangan kanan dan kirimu

Pernahkah suatu ketika kita kebingungan dalam menentukan instruksi atau arah kanan dan kiri. Saya pribadi sebagai umat muslim bila merasa kebingungan dikala memberikan arah belokan kepada orang yang bertanya selalu ingat prinsip ”berwudlu, makan, dan memulai segala aktifitas yang baik dengan tangan kanan”. Dalam permainan ini kita akan diajak untuk menebak gambar tangan yang muncul pada layar. Untuk menjawabnya kita tinggal menekan tombol “kanan” atau “kiri”. Mudah bukan? :D. Kegiatan ini membantu anak untuk melatih kemampuan mengenal bagian tubuhnya serta memberikan instruksi arah.

gcompris38

@ Mencocokkan item

Permainan ini membutuhkan pengetahuan anak akan suatu benda serta hubungannya dengan benda lain. Di sini pemain diharuskan bisa melakukan drag (menyeret objek dengan tetikus dengan mengklik dan menahannya) lalu melepaskan tombol klik. Pemain diharuskan meletakkan objek yang dipilihnya dari bagian kiri ke titik yang berada bawah objek tertentu, sesuai dengan hubungan antara kedua objek tersebut. Lalu klik tombol OK pada bagian kiri atas untuk mengkonfirmasi jawaban. Kita dapat membantu anak dengan menjelaskan gambar-gambar yang ada serta hubungan antara keduanya, hal tersebut akan membangun pengetahuan anak dan membantu anak dalam mengenal lingkungan luar. Terdapat tombol konfigurasi(tombol bergambar gambar kunci pas di pojok kiri bawah) yang dapat digunakan untuk membuka jendela pengaturan untuk mengatur cara menyeret dan menjatuhkan objek.

gcompris39

 

gcompris40

@ Chronos (Kronos)

Permainan Chronos mengajak anak untuk memahami urutan waktu kejadian. Pemain diharuskan mengklik dan menarik gambar dari bagian kiri lalu diletakkan pada titik-titik merah di sebelah kanan sesuai urutan yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk mengklik tombol OK pada bagian kiri atas untuk mengkonfirmasi jawaban. Dengan mengurutkan gambar kita dapat melatih anak untuk belajar menceritakan sesuatu kejadian, anak juga didorong untuk berkreasi terhadap cerita yang dibuatnya dari gambar.

gcompris41

@ Lengkapi gambar

Kegiatan Lengkapi gambar mirip dengan permainan Puzzle. Anak diajak untuk mengenali pola yang hilang dari suatu gambar untuk selanjutnya diisi oleh gambar yang cocok. Pemain diharuskan melakukan drag-drop (seret tetikus sembari mengklik, lalu menjatuhkan/melepaskannya pada tempat tertentu) dari gambar benda di kotak sebelah kiri untuk mengisi potongan gambar yang hilang. Gunakan tombol panah biru di bagian kiri bawah untuk melihat objek yang tersisia, dan tombol OK di bagian kiri atas untuk mengkonfirmasi jawaban.

gcompris42

@ Cari tahu letak negara

Permainan ini dapat menambah wawasan kita dan anak tentang suatu negara beserta daerah-daerah penyusunnya. Serupa dengan kegiatan Lengkapi gambar, kita tinggal seret dan jatuhkan gambar potongan daerah ke tempatnya sehingga semua bagian dari negara tersebut tersusun lengkap. Gunakan tombol panah biru di bagian kiri bawah untuk melihat objek yang tersisa, dan tombol OK di bagian kiri atas untuk mengkonfirmasi jawaban.

gcompris43

@ Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dari penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Di kegiatan Algoritma, anak diajak untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematisnya. Pemain diharuskan untuk mengisi tanda tanya dengan mengklik pada pilihan benda di bagian bawah layar serta mencocokkannya berdasarkan pola gambar yang telah ada.

gcompris44

@ Belajar Jam

Waktu adalah emas, begitulah pepatah yang sering kita dengar. Sedari kecil sudah sepatutnya anak diajarkan untuk menghargai waktu, salah satunya dengan mengenal Jam. Pada permainan Belajar Jam, pemain diharuskan mengatur posisi jarum penunjuk jam, menit, dan detik. Di bagian kanan bawah terdapat kotak petunjuk waktu dan pemain diharuskan mengatur jarum pada jam tangan dengan melakukan klik dan seret pada posisi/angka yang sesuai. Semakin tinggi level permainan maka semakin rumit angka penunjuk waktu yang muncul dan semakin berkurang label angka pada jam tangan.

gcompris45

@ Find the details

Permainan Find the details melatih anak untuk mengamati setiap detil dari gambar yang mereka amati. Pemain diharuskan meletakkan potongan detil suatu gambar dengan menyeret dari sisi bagian kiri dan menjatuhkannya sesuai pada tempat detil tersebut. Di level satu kita akan mengenal aneka lukisan karya pelukis terkenal Vincent Van Gogh, sedangkan pada level dua kita akan diajak untuk melihat berbagai objek-objek terkenal dari seluruh dunia.

gcompris46

@ Cari tahu letak negara (gambar bola dunia)

Berbeda dengan versi sebelumnya, permainan yang satu ini mengharuskan kita untuk menyusun letak negara-negara dalam sebuah kawasan, benua, maupun dunia. Untuk menyelesaikan permainan, kita diharuskan melakukan drag and drop (seret dan jatuhkan) potongan gambar negara ke lokasi yang sesuai lalu menekan tombo OK untuk mengkonfirmasi jawaban.

gcompris47

@ Tabel pemasukan Ganda

Permainan Tabel pemasukan ganda melatih kemampuan berhitung sekaligus membaca tabel. Pada level satu pemain diharuskan mengurutkan potongan gambar sesuai dengan posisi kolom dan baris masing-masing. Di level dua, pemain meletakkan hasil penjumlahan antara kolom dan baris. Sementara di level tiga pemain harus meletakkan potongan gambar pada kotak tabel sesuai dengan petunjuk berupa suara.

gcompris48

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *