Bermain dan Belajar dengan GCompris #3

# Pengenalan Tetikus

Kegiatan Pengenalan tetikus terdiri atas enam bentuk kegiatan, yang di dalamnya terdapat latihan koordinasi motorik antara kegiatan mengklik dan menggeser tetikus.

gcompris10

@ Klik saya

Kegiatan Klik saya, menuntut anak untuk mengerakkan dan menekan(klik) tombol pada tetikus sehingga mengenai gambar-gambar ikan yang muncul dan bergerak sebelum ikan tersebut lenyap dari layar. Pada level 1-4, pemain hanya perlu mengklik sekali pada gambar, sedangkan pada level 5 ke atas pemain perlu melakukan klik ganda (double klik).

gcompris11

@ Klik tetikus (mouse)

Pada kegiatan ini pemain diharuskan untuk menghapus kotak-kotak yang menutupi gambar dengan cara menggerakkan spons (kursor tetikus) ke arah kotak serta melakukan klik(menekan tombol tetikus) pada kotak itu. Semakin tinggi level permainan maka semakin banyak jumlah klik yang diperlukan untuk menghapus kotak.

gcompris12

@ Menyiram bunga

Di kegiatan Menyiram bunga pemain dituntut untuk menggerakkan kursor mulai dari pangkal pipa penyiram hingga air keluar dari ujungnya dan menyirami bunga dibawahnya. Kegiatan ini menuntut koordinasi motorik halus dari anak, karena air akan kembali ke pangkal pipa bila kursor tetikus tidak digerakkan secara benar dan berurutan. Pada setiap kenaikan level akan terjadi perubahan bentuk pipa penyiram.

gcompris13

@ Gerakkan tetikus (mouse)

Pada kegiatan ini, pemain dituntut untuk menghapus kotak yang menutupi gambar dengan menggerakkan kursor spon pada kotak tersebut. Semakin tinggi level permainan, maka semakin banyak jumlah kotak yang menutupi sehingga pemain perlu menggerakkan kursor spon berulang kali hingga kotaknya hilang.

gcompris14

@ Klik dan gambar

Beberapa orang diantara kita mungkin masih ingat kegiatan melubangi pola saat TK dulu. Kita melubangi tepian suatu gambar dengan pulpen atau semisalnya secara berurutan hingga bidang gambar terlepas dari bidang kertas. Serupa dengan kegiatan melubangi pola tersebut, permainan Klik dan gambar juga menerapkan prinsip yang sama. Di sini pemain dituntut untuk mengklik titik-titik berpola secara berurutan. Titik yang perlu diklik akan berubah warna menjadi biru. Di saat semua titik dalam pola tersebut selesai diklik maka akan muncul gambar yang tersusun dari pola titik-titik.

gcompris15

@ Double click the mouse

Hampir mirip dengan kegiatan Klik tetikus, permainan ini menuntut pemain untuk menghilangkan kotak yang menutupi gambar dengan melakukan klik ganda (double click). Semakin tinggi level permainan maka semakin banyak klik ganda yang perlu dilakukan untuk menghilangkan kotak.

gcompris16

@ Penalty kick

Permainan ini menuntut pemain untuk melakukan klik ganda pada bola secara cepat. Terdapat sebuah garis indikator pada bagian kiri atas sisi gawang, apabila warna garis menjadi merah maka hal tersebut menandakan bahwa pemain kurang cepat dalam melakukan klik ganda. Pemain yang melakukan klik ganda sebelum garis indikator berubah menjadi berwarna merah akan berhasil memasukkan bola ke gawang yang dijaga oleh Tux.

gcompris17

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

2 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *