# Aktifitas Suara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya terdapat 3 jenis cara belajar, salah satunya adalah cara belajar auditori yaitu mengandalkan indera pendengaran dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Selanjutnya berkaitan dengan teori kecerdasan jamak, bentuk kecerdasan musikal.lah yang memiliki hubungan paling erat dengan cara belajar auditori. Aktifitas suara di GCompris mengakomodasi kecerdasan musikal serta mendorongnya untuk berkreatifitas dalam kegiatan bermusik. Anak akan diperkenalkan dengan alat musik dan kegiatan membangun melodi atau irama, sebagai dasar untuk menciptakan sebuah lagu atau musik.

gcompris30

@ Mengulangi melodi

Di kegiatan Mengulangi melodi, anak akan diajak untuk mengenal irama (urutan nada) sebagai dasar dari sebuah musik atau lagu. Terdapat tiga alat yang dapat dimainkan dalam permainan ini, pertama kulintang (perkusi), kedua gitar, ketiga panci masak :). Untuk memulai permainan kita tekan terlebih dahulu tombol OK pada bagian kanan atas, setelah itu perhatikan secara seksama contoh irama dari pemukul dan nada yang dimainkan secara berurutan oleh komputer. Setelah itu pemain diharuskan untuk memainkan alat musik sesuai dengan contoh urutan yang ada. Apabila pemain merasa kesulitan atau lupa dengan urutan nada yang dicontohkan, maka pemain dapat mengulangi contoh irama dengan menekan tombol recycler (tombol lingkaran di samping tombol rumah) pada toolbar bagian bawah. Semakin tinggi level permainan, maka semakin panjang irama yang harus dimainkan.

gcompris31

@ Music instrumens

Permainan Music instrumen mengajak anak anda untuk mengenal beragam alat music. Pemain diharuskan untuk menemukan alat musik sesuai dengan petunjuk yang ada di bagian atas layar. Selanjutnya pemain mengklik pada gambar alatmusik yang diinginkan, lalu tekan tombol OK pada bagian kanan atas laayar untuk mengkonfirmasi jawaban. Yang menarik dari permainan ini adalah setiap kita mengklik gambar alat musik akan timbul nada yang dihasilkan oleh alat musik tersebut. Banyak gambar alat musik yang akan keluar seiring dengan meningkatnya level permainan.

gcompris32

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *