Bermain sambil berhitung dengan Tux Math (Bagian 2)

Lanjutan bagian 1 ..………………………

  1. Play With Friends

    Menu Play With Friends digunakan apabila kita ingin bermain bersama teman kita dalam sebuah komputer saja atau dengan kata laian tanpa menggunakan jaringan. Dalam pilihan menu ini pemain yang diperkenankan ikut dibatasi antara 2-4 orang pemain, dengan terlebih dahulu mendaftarkan nama tiap pemain.

    tuxmath10

    1. Score Sweep

      Hampir mirip dengan aturan olah raga tinju :D, permainan ini dilakukan dengan sistem ronde/putaran. Sebelum permainan dimulai diakukan penentuan banyaknya ronde/putaran yang akan dimainkan. Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang memiliki skor paling banyak

    2. Elimination

      Permainan jenis ini menggunakan sistem gugur seperti pada ajang pencarian bakat. Permainan dilakukan berselang atau bergantian antar pemain. Pemain dengan skor yang terendah akan kalah atau tereliminasi terlebih dahulu.

    3. Main Menu

  2. Factoroids

    Berbeda dengan permainan sebelumnya, permainan dalam menu Factoroids disajikan dalam bentuk sebuah kapal angkasa yang ditugaskan untuk menghancurkan asteroid.

    1. Factors

      Permainan Factors memiliki bentuk yang sedikit berbeda dan lebih menantang dari permainan sebelumnya. Kali ini kita ditugaskan untuk mengendalikan manuver sebuah pesawat ruang angkasa sambil menembak asteroid yang bertebaran. Untuk melaju dan berputar ke kanan-kiri-atas-bawah, bisa kita gunakan tombol panah. Setelah kita mengetahui faktor dari bilangan yang tertera pada tiap asteroid, maka kita ketikkan bilangan faktor tersebut sambil menarget asteroid sasaran dengan tombol panah dan tekan tombol “Enter” atau tombol spasi untuk menembak. Tembakan tersebut akan memecah batu asteroid menjadi bilangan faktornya. Setelah asteroid terbelah kecil-kecil menjadi bilangan prima, maka kita bisa menghancurkannya dengan menekan tombol “Enter” atau tombol spasi.

      tuxmath11

    2. Fractions

      Permainan Fraction hampir serupa dengan permainan Factor yaitu persawat yang menembah asteroid, hanya saja aturan mainnya adalah menyederhanakan pecahan. Setelah kita mengetahui angka yang dapat digunakan untuk membagi atau menyederhanakan sebuah pecahan, lalu kita ketikkan angka tersebut dan kita tembak asteroid sasaran dengan tombol “Enter” atau tombol spasi. Pecahan dalam bentuk paling sederhana bisa kita musnahkan dengan hanya menekan tombol “Enter” atau spasi.

      tuxmath12

    3. Main Menu

      Tekan menu atau tombol ini untuk kembali ke menu utama

  3. Help

    Berisi panduan interaktif mengenai cara bermain dalam Tux Math

    tuxmath13

  4. More Options

    Menu ini berisi demo dan informasi tambahan seputar Tux Math
    tuxmath14

      1. Demo

        Berisi demontrasi permainan Tux Math yang berjalan secara otomatis

      2. Project Info

        Berisi beberapa informasi seputar proyek dan software Tux Math

      3. Credits

        Berisi daftar para kontributor yang berjasa membangun aplikasi Tux Math

      4. Main Menu

        Tekan menu atau tombol ini untuk kembali ke menu utama

  1. Quit

    Dengan menekan tombol ini, maka kita akan segera dibawa keluar dari aplikasi Tux Math :D.

Demikian paparan singkat dari aplikasi Tux Math. Walaupun tidak semua orang mempunyai bakat berhitung (kecerdasan logis-matematis), namun tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba melatihdan mengembangkan ketrampilan berhitung kita. Ingat yang terpenting adalah “jangan kalah sebelum mencoba”. Kita mencoba untuk mencintai perhitungan, salah satunya dengan permainan dalam Tux Math 😀

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

One thought on “Bermain sambil berhitung dengan Tux Math (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *