Latihan mengetik dengan Tux Typing (bagian 1)

 

Tux Typing merupakan salah satu sofware opensource yang digunakan untuk keperluan pendidikan. Tux typing dikembangkan oleh proyek Tux4Kids. Homepage Tux Typing bisa anda kunjungi di http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxtype . Tux Typing menyajikan game dan simulasi cara mengetik dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa menggunakannya untuk melatih atau meningkatkan kemampuan mengetik dari anak dan siswa anda, atau bahkan menjadikannya sebagai sebuah permainan yang menghibur bagi diri anda sendiri 😀 . Konsep utama dari permainan dan simulasi dalam Tux Typing adalah MENGETIK, jadi pastikan anda sudah menseting dan mengetahui layout papan ketik anda.

  1. Mengenal menu utama Tux Typing

    ketika anda meulai menggunakan tux typing, anda akan menjumpai tampilan menu utama yang sederhana. Tampilan tersebut berisi 5 menu. Selain kelima menu tersebut terdapat sebuah ikon Speaker yang berfungsi untuk mengatur aktif tidaknya efek suara dan musik. Berikut adalah penjelasan ke lima menu tersebut.

    1. Fish Cascade berisi game mengetik berupa seekor penguin yang memakan ikan

    2. Comet Zap berisi game mengetik berupa seekor penguin yang menembak komet

    3. Lesson berisi serangkaian simulasi latihan mengetik

    4. Options berisi opsi-opsi tambahan

    5. Quit berupa menu untuk keluar dari program Tux Typing
      pic tuxtyping1

  1. Permainan Fish Cascade

    Permainan Fish Cascade berisi simulasi mengetik dengan tampilan seekor penguin yang berusaha memakan alfabet atau rangkaian kata yang tersusun dalam jajaran ikan yang jatuh. Ketika anda memilih permainan Fish Cascade, maka anda akan disuguhi beberapa menu utama yang berisi: pengaturan tingkat kesulitan, petunjuk (instructions), dan sebuah tombol untuk kembali ke menu utama (main menu). Tingkat kesulitan yang diberikan dalam permainan ini terdiri atas 3 tingkat yaitu Easy (mudah), Medium (sedang), dan Hard(sulit).
    pic tuxtyping2

    Setelah memilih tingkat kesulitan permainan, kita akan disuguhi daftar kata (wordlist) yang akan kita pakai dalam permainan.

     pic tuxtyping5

    Dalam permainan Fish Cascade, beberapa deret ikan yang tersusun dalam huruf atau kata akan muncul dari atas jendela permainan. Tugas kita adalah membantu penguin untuk memakan ikan-ikan tersebut dengan mengetikan urutan huruf atau kata yang muncul pada tiap deret ikan. Ketika kita berhasil mengetikkan huruf yang sama secara berurutan maka huruf yang tercetak pada ikan akan menghilang.

    pic tuxtyping3

    Ketika ikan tersebut telah mencapai dasar area bermain maka penguin dapat memakan ikan tersebut, skor akan bertambah, dan jumlah “Fish” dalam suatu babak permainan akan berkurang. Ketika kita gagal mengetikkan huruf dan posisi ikan sudah menyentuh dasar /lantai permainan maka deretan ikan tersebut akan hancur dan nilai “Lives” akan berkurang. Permainan berhenti apabila kita gagal (nilai “Lives” telah mencapai 0), dan berlanjut ke level selanjutnya bila kita berhasil menyelesaikan tantangan dalam level tersebut.

    Dalam setiap permainan kita bisa mem-pause atau menghentikan sementara permainan dengan menekan tombol “Esc”. Dalam mode “Pause” tersebut kita juga bisa mengatur vole efek suara dan musik. Kita bisa kembali ke permainan dengan menekan tombol spasi, namun bila ingin berhenti dari permainan maka kita harus menekan tombol “Esc” sekali lagi.

     pic tuxtyping4

  2. Permainan Comet Zap

    Permainan Comet Zap berisi simulasi mengetik dengan tampilan seekor penguin yang berusaha menembak jajaran huruf berupa komet yang jatuh. Berbeda dengan Fish Cascade, tampilan menu utama dari Comet Zap berisi tingkat kesulitan permainan dalam urutan: Space cadet, Pilot, Ace, dan Comander. Pada menu permainan Comet Zap juga terdapat sebuah tombol menu untuk kembali ke menu utama dari Tux Typing.

    pic tuxtyping6

    Ketika kita akan memulai permainan kita akan disuguhi pilihan kata (wordlist). Lalau saat permainan dimulai makan tugas kita adalah mengetikkan daftar huruf atau kata yang muncul dalam deretan komet. Apabila huruf atau kata yang kita ketikkan telah sesuai, maka sang pinguin akan menembakkan lasernya utnuk menghancurkan komet-komet tersebut dan skor kita akan bertambah.

    pic tuxtyping7

    Setiap level atau periode kemunculan komet dinamakan dengan “Wave”, dapat dilihat pada bagian kiri atas jendela permainan. Ketika kita gagal mengetikkan huruf maka komet akan menghantam deretan karang yang dijaga oleh pinguin. Pada hantaman pertama dari komet akan menghancurkan pelindung dari karang, dan pada hantaman selanjutnya komet akan menghancurkan karangnya. Permainan berhenti apabila karang-karang yang kita lindungi hancur semuanya, dan akan berlanjut ke “Wave” selanjutnya bila kita berhasil menyelesaikan tantangan dalam “Wave” tersebut. Sama seperti permainan Fish Cascade, kita juga bisa masuk ke mode “Pause” dengan menekan tombol “Esc”.

    Lanjut ke panduan Tux Typing bagian 2

 

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

mmustofa

tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

One thought on “Latihan mengetik dengan Tux Typing (bagian 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *