Edit Path – Inkscape [Bagian 3]

Pembahasan Edit Path (Bagian 1 & Bagian 2) lebih rinci lagi di Bagian 3 ini, tetap fokus dengan satu obyek yakni persegi/kotak. Dengan kursor tetap pada posisi Edit Paths Tool (N). Kemudian perhatikan pada Statusbar di sebelah atas (pada area kerja Inkscape).

Edit Path – Inkscape - Bagian 3 - 1

Nah, kita akan berkutat dengan yang namanya status bar yang ada pada bagian atas ini. Diurut dari tool pertama, yakni menambah node, mengurangi node, mengapus dua atau lebih node sekaligus dan titik akhir langsung berada di tengah, menghapus background pada tiga atau lebih node yang dipilih, menambah garis, dan menghapus garis. Berikut contohnya secara berurutan (perhatikan perbedaan pada tiap line dan node yang ada).

Edit Path – Inkscape - Bagian 3 - 4

Selanjutnya adalah make selected nodes corner, make selected nodes smooth, make selected nodes symmetric, dan make selected nodes auto-smooth.

Edit Path – Inkscape - Bagian 3 - 2Dan di bawah ini adalah contoh-contohnya:

Edit Path – Inkscape - Bagian 3 - 3

Lihat pada masing-masing bentung node (titik) dan line (garis) pada masing-masing kotak yang telah dilakukan pengeditan. Bagaimana sudah jelas kan perbedaannya?

Berikut ini adalah contoh merubah stroke ke path. Tinggal klik obyeknya (1) > klik path > Stroke to Path (Ctrl+Alt+C). Makan secara otomatis akan berganti menjadi sebuah persegi panjang (2), nah dari sebuah line bisa diganti-ganti bentuknya. Misalnya saja hasilnya seperti pada nomor (3).

Edit Path – Inkscape - Bagian 3 - 5

Ada yang mau ditanyakan mengenai Edit Path? Silahkan langsung komentar di bawah ini!

The following two tabs change content below.
Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

SlameTux

Blogger Madura yang suka ngeblog di slametux.blogdetik.com, suka desain menggunakan Inkscape dan Gimp, suka motret menggunakan HP dan Kamera Digital, follow @SlameTux.

One thought on “Edit Path – Inkscape [Bagian 3]

  • 14 Sep 2015 at 15:20
    Permalink

    terima kasih , cukup membantu infonya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *